Jadi PR, Puluhan Ribu Anak Di OKU Belum Imunisasi MR

Sosial  SABTU, 22 SEPTEMBER 2018 , 13:54:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Jadi PR, Puluhan Ribu Anak Di OKU Belum Imunisasi MR

jawapos/ net

RMOLSumsel. Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dari 96.200 anak usia 9 bulan sampai 15 tahun di kabupaten ini sebanyak 70,072 atau 73,1 persen sudah diberi imunisasi Measles Rubella (MR).

Sementara sisanya atau 26.128 anak belum diimunisasi MR. Tentu saja anak yang belum imunisasi ini menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi Dinkes setempat.

Hal ini perlu dilakukan agar program imunisasi MR di bumi Sebimbing Sekundang dapat terealisasi sepenuhnya hingga program ini berakhir pada 30 September nanti.

"Insya Allah kita masih optimis imunisasi MR di Kabupaten OKU mampu terealisasi 100 persen," kata Kadinkes OKU Husni Thamrin, melalui Kabid P2PL Andi Prapto meyakinkan.

Menurutnya berbagai langkah terus dilakukan pihaknya agar imunisasi MR ini tercapai. Salah satunya yakni melakukan sosialisasi pentingnya imunisasi MR bagi anak usia 9 bulan sampai 15 tahun.

Sosialisasi yang dilakukan Yakni dengan mendatangi sekolah-sekolah, Posyandu dan Puskesmas.

"Walhasil itu tadi, program imunisasi ini sudah mencapai 73,1 persen atau 70.072 anak usia 9 bulan sampai 15 tahun sudah mendapat imunisasi ini," imbuhnya.

Lebih lanjut dijelaskan, imunisasi MR penting bagi anak, dimana penyakit campak dan rubella merupakan penyakit infeksi yang menular melalui saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus.

Campak dijelaskan dia dapat menyebabkan penyakit komplikasi yang serius, seperti diare, radang paru-paru, radang otak, kebutaan gizi buruk bahkan kematian.

"Virus campak dan rubella juga bisa menulari ibu hamil. Hal ini bisa berakibat buruk bagi bayi, mulai dari keguguran, cacat, kelainan jantung, kerusakan jaringan otak serta berakibat ketulian dan katarak," jelasnya.

Terkait program imunisasi MR ini ia berharap orang tua untuk membawa anaknya ke Puskesmas atau mendampingi anaknya di sekolah untuk imunisasi. "Sejauh ini program imunisasi MR masih berlangsung lancar," tandasnya. [rhd]



Komentar Pembaca