Wah! 5 Caleg OKU Dicoret KPU dari Daftar

Daerah  RABU, 19 SEPTEMBER 2018 , 10:59:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Wah! 5 Caleg OKU Dicoret KPU dari Daftar
RMOLSumsel. Berdasarkan hasil tanggapan masyarakat terkait Daftar Calon Sementara (DCS), tidak ada Calon Anggota Legislatif (Caleg) menyandang status mantan narapidana kasus korupsi di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Kepastian tidak adanya caleg mantan koruptor ini disampaikan Komisioner KPU OKU dari Divisi Hukum Doni Mardianto, Rabu (19/9).

Sejak pengajuan awal bacaleg,  yang kemudian dirilis KPU dalam DCS hingga masa tanggapan masyarakat, tidak ada satupun caleg yang dilaporkan pernah terbelit kasus korupsi.

Ya. Ini hasil tanggapan publik untuk caleg yang ditetapkan dalam DCS ke KPU OKU,” beber Doni.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa secara keseluruhan, KPU OKU menerima 10 tanggapan masyarakat terhadap para Caleg yang tercantum dalam DCS selama masa tanggapan publik ini.

Dari jumlah tersebut, lima di antaranya dicoret dan telah diganti dengan caleg lain. Namun itu tadi, bukan karena perkara korupsi, melainkan hanya berkaitan dengan pekerjaan.

Lima caleg tersebut saat mendaftar caleg masih menerima anggaran dari negara, lantaran masih bersatus pegawai BUMN, adapula yang Sekdes, Ketua RT, termasuk PNS.

Kelima Caleg tersebut masing-masing berasal dari Partai Nasdem sebanyak dua orang, Partai Perindo satu orang, PKB satu orang, dan PKS satu orang.

Mereka dicoret dari DCS setelah mendapat tanggapan dari publik. KPU sudah melakukan klarifikasi dan pengecekan secara langsung, dan ternyata benar,” imbuh Doni.

Saat ini, OKU masuk tahap penyusunan Daftar Calon Tetap (DCT), yang akan ditetapkan pada tanggal 20 September besok melalui pleno tertutup. Sedangkan pengumuman DCT dilaksanakan pada tanggal 21 - 23 September nanti. [ida]

Komentar Pembaca
BENANG MERAH (EPS.159): Anies Terlalu Lama Sendiri
Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 15:00:00

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00