Jalan Diportal..PT Selo Argodedali Kehilangan Akses

Daerah  MINGGU, 16 SEPTEMBER 2018 , 23:15:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Jalan Diportal..PT Selo Argodedali Kehilangan Akses

Warga portal jalan/RMOLSumsel

RMOLSumsel. Warga Desa Batuwinangun, Kecamatan Lubuk Raja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), memasang portal. Warga  tak lagi mengizinkan kendaraan milik perusahaan tambang batubara PT Selo Argodedali melewati jalan mereka.

Pemasangan porta jalan ini dilakukan di Blok R 2,  Desa Batuwinangun, Minggu (16/9) pukul 13.00 WIB.

Irsan, salah satu warga saat dihubungi via telepon seluler sesaat tadi, membenarkan adanya aksi pemasangan porta.

"Sebenarnya dari kemarin warga telepon untuk memasang portal jalan akses tambang. Ini karena belum ada tindak lanjut DPRD terkait permintaan warga,  agar seluruh kegiatan tambang distop.  Saya sendiri sudah telepon polisi untuk mengamankan aksi itu supaya tidak terjadi apa-apa," katanya.

Menurut Irsan, jalan yang dilalui untuk aktivitas perusahaan tambang itu, bukanlah jalan umum. Jalan itu milik pribadi warga, atas nama Efendi. Dan yang punya tanah pun, menurut dia, ada di lokasi bersama warga.

"Memang lokasinya seperti jalan. Tapi statusnya milik pribadi, ada serfikatnya. Dan di dalam sertifikat itu tidak ada peruntukan jalan. Tapi kebun. Dan yang punya tanah, ada di sana. Ikut memasang portal bersama puluhan warga lainnya," jelasnya.

Dia sendiri menurut Irsan,  turut memfasilitasi aksi itu dalam rangka mengamankan agar tak terjadi hal yang tidak diinginkan.

"Selama ini memang aktivitas tambang lewat di situ. Dan kini warga tidak mengizinkan lagi. Yang jelas, orang tambang dak boleh semena-mena," tandasnya. [ida]



Komentar Pembaca
Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

RABU, 24 APRIL 2019 , 12:32:00

Hermanto Wijaya Mualaf

Hermanto Wijaya Mualaf

JUM'AT, 03 MEI 2019 , 14:45:00

Mentan Memanggang Kopi

Mentan Memanggang Kopi

SELASA, 23 APRIL 2019 , 16:21:00