Pemkab OKU Didorong Bikin Terobosan Kayak Gini

Daerah  JUM'AT, 14 SEPTEMBER 2018 , 11:33:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Pemkab OKU Didorong Bikin Terobosan Kayak Gini

H Ridar Hariyuwono SE/RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Dewan Perwakilan rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) berharap adanya pusat wisata kuliner di kota Baturaja sebagai sentral usaha kecil menengah (UKM) bagi masyarakat yang berbasis pada pariwisata lokal sebagai upaya peningkatan ekonomi kerakyatan dan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Hal ini diungkapkan H Ridar Hariyuwono SE, ketua Komisi III DPRD OKU yang membidangi keuangan.

Saat ini, menurut Ridar, kota Baturaja tengah berkembang dan menjelma sebagai kota jasa. Untuk itu pihaknya berharap adanya peningkatan perekonomian bagi masyarakat dan sebagai salah satu potensi PAD bagi daerah berjuluk bumi Sebimbing Sekundang melalui ekonomi kreatif yang terpusat di sebuah tempat.

Sesuai dengan hasil dari Kunjungan Kerja (Kungker) kami beberapa waktu yang lalu ke Kota Surabaya Jawa Timur. Dimana kami melihat disana adanya pengelolaan sentral UKM yang berbasis pada pariwisata lokal sebagai sumber PAD dan peningkatan perekonomian masyarakat,” ungkap H Ridar.

Oleh karenanya, Pemerintah Kabupaten OKU perlu melakukan terobosan bagi peningkatan ekonomi masyarakat selain sebagai sumber PAD baru, dengan melakukan sentralisasi UKM berbasis pariwisata lokal.

Apa yang kami dapat dari Kungker di Surabaya, tentunya akan kami upayakan untuk diterapkan di OKU. Kedepan kami akan segera menyampaikan hasil Kungker kepada Pemerintah OKU, terlebih apa yang dilakukan oleh Pemerintah Surabaya dengan penerapan sentralisasi UKM berbasis pariwisata lokal terbilang berhasil dalam mendongkrak PAD dan peningkatan perekonomian masyarakat,” terangnya.

Dengan sentralisasi UKM berbasis pariwisata lokal, sambung H Ridar, dapat membantu upaya pemerintah dalam meningkatkan pendapatan masyarakat yang terlibat di dalamnya.

Akan tetapi hal itu perlu dukungan serius dari Pemerintah OKU dan para pemangku kepentingan sehingga tujuan dasar untuk mensejahterakan masyarakat dapat lebih nyata.[rik]

Komentar Pembaca
Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

JUM'AT, 19 APRIL 2019 , 21:00:00

Real Count KPU Lambat!

Real Count KPU Lambat!

KAMIS, 18 APRIL 2019 , 17:00:00

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

RABU, 17 APRIL 2019 , 19:00:00