Sukses Di Asian Games, FPTI Sumsel Buru Bibit Baru

Ragam  SENIN, 10 SEPTEMBER 2018 , 20:55:00 WIB | LAPORAN: YOSEP INDRA PRAJA

Sukses Di Asian Games, FPTI Sumsel Buru Bibit Baru

rmolsumsel

RMOLSumsel. Setelah sukses di Asian Games, Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Sumsel  terus fokus menggalakan olahraga panjat tebing ke sejumlah daerah di Sumatera Selatan.

Ketua Umum FPTI Beni Hernedi yang juga Wakil Bupati Musi Banyuasin (Muba) berkomitmen untuk mencetak atlet baru di cabor panjat tebing. Sehingga venue panjat tebing di JSC tetap terjaga dan berfungsi

Pasca keberhasilan Muhammad Hinayah dalam menyabet medali emas saat Asian Games 2018 di cabang olahraga Panjat Dinding yang melambungkan nama Sumatera Selatan. Memberikan tantangan bagi pengurus FPTI untuk mencetak Hinayah baru di Sumatera Selatan.

"Kita bertanggung jawab menghadirkan Hinayah-Hinayah yang baru. Pembinaan akan kita fokus terus. Jadi kalau ada yang nanti anaknya punya bakat memanjat, salurkan kepada kami," Ketua Umum FPTI Sumsel Beni Hernedi dalam konfrensi pers kerja sama FPTI Sumsel dan Eiger di Palembang Icon (PI) Senin (10/9/2018)

Beni bahkan mewacanakan untuk mendirikan sekolah panjat tebing. Hal tersebut untuk mengakomodir bibit-bibit unggul yang berpotensi menjadi atlet level nasional. Sekolah tersebut rencananya didirikan untuk dua kategori, junior dan senior.

"Ya bagi yang punya anak dan berminat atau punya bakat memanjat coba salurkan dengan kami," urainya.

Untuk level senior, pihaknya akan memanggil pelatih minimal level nasional. Sebab jika sudah level senior, dibutuhkan konsentrasi yang tinggi pula.

"Setelah Asian Games kemarin, apa yang harus kita perbuat dari fasilitas seperti Venue Panjat Tebing yang sudah ada. Tentunya kita tidak ingin Jakabaring hanya dijadikan tempat nostalgia untuk selfie-selfie dan wisata saja," katanya.

Selain itu untuk menunjang pembinaan, FPTI Sumsel akan memanfaatkan fasilitas berupa venue Panjat Dinding yang terletak di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang. Yaitu dengan cara mengadakan kejuaraan-kejuaraan di sana.

"Kami ingin memanfaatkan fasilitas yang baik ini, kita akan menjadi tuan rumah level nasional, internasional dan dunia," tambahnya.

Apalagi, saat ini sudah banyak pihak-pihak yang berkeinginan membantu dunia Panjat Dinding. Seperti Eiger yang mensupport peralatan para pelaku olahraga alam tersebut, dan lain-lain.

Sementara itu, Chief of Indonesia Eiger Adv. Tropical Team Galih Donikora mengatakan saat ini pihaknya akan terus mensupport para pelaku olahraga Panjat Dinding ini dari segi peralatan dan lain-lain.

Bahkan, Eiger saat ini merambah sisi Urban, tidak hanya Adventure.

"Kita hadir tidak hanya menfasilitasi pendaki tapi juga hobi, motor dan jadi bagian dari yang melekat di badannya," jelasnya. [rhd]

Komentar Pembaca