Pemilih Pindahan Masuk DPTb, Pengguna KTP Masuk DPK

Ragam  RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 17:55:00 WIB | LAPORAN: DELTA HANDOKO

Pemilih Pindahan Masuk DPTb, Pengguna KTP Masuk DPK

net

RMOLSumsel. Komisi Pemilihan Umum (KPU) membagi pemilih yang tak masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 ke dalam dua kelompok. Pemilih yang menggunakan surat pindah memilih akan dimasukkan ke dalam DPT Tambahan (DPTb). Sedangkan pemilih yang menggunakan KTP-elektronik dimasukkan dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Komisioner KPU Kota Pagaralam Divisi Program dan Data, Rahmat Qori Setiawan Amd mengatakan, di Pemilu 2019 pihaknya membagi dua kelompok pemilih yang tak masuk DPT.

"Kalau di Pilkada, tidak masuk DPT artinya masuk DPTb. Tapi di Pemilu beda. Tidak masuk DPT, bisa jadi masuk DPTb dan DPK,” ucap Qori kepada RMOLSumsel, Rabu (5/9).

Dijelaskannya, DPTb diperuntukkan bagi pemilih yang datang ke tempat pemungutan suara berbekal formulir A5 alias surat pindah memilih. Pemilih jenis ini menggunakan hak pilih di luar domisili aslinya. Sedangkan DPK, lanjut Qori menjelaskan, diperuntukkan bagi pemilih yang datang ke TPS di domisilinya dengan menggunakan KTP-el maupun surat keterangan.

Qori menjelaskan, pembagian DPTb dan DPK tersebut supaya jelas asal muasal pemilih tersebut. Dengan demikian, para pemilih yang menggunakan A5 dan KTP-el tidak tercampur baur. Para petugas pun akan lebih mudah melakukan pendataan.

Qori menjamin petugas di tingkat bawah telah mengetahui adanya ketentuan untuk kelompok  DPTb dan DPK ini. Karenanya, dipastikannya, para petugas ini bisa mengelompokkan pemilih dengan tepat.

"Kalau ada yang mau pindah memilih, kami himbau untuk diurus mulai dari sekarang," tambahnya. [rhd]



Komentar Pembaca
Presiden RI-Wakil Presiden RI

Presiden RI-Wakil Presiden RI

JUM'AT, 18 OKTOBER 2019 , 09:37:00

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

Jadwal Pelantikan Presiden RI-Wakil Presiden RI

MINGGU, 20 OKTOBER 2019 , 07:10:00

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

Said Didu Di Tengah Kunjungan Menhan

KAMIS, 07 NOVEMBER 2019 , 17:47:00