45 Anggota DPRD Malang Korupsi, Kata Pengamat Sempurna!

Politik  RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 09:59:00 WIB

45 Anggota DPRD Malang Korupsi, Kata Pengamat Sempurna!

DPRD Malang/NET

RMOLSumsel. Tidak ada kejahatan yang sempurna. Namun bila personil dan lembaga yang seharusnya menjaga serta mengawasi malah menjadi pelaku kejahatan maka sempurnalah kejahatan itu.

Demikian pendapat dosen hukum pidana Universitas Bung Karno, Azmi Syahputra menanggapi bedol desa 22 anggota DPRD Kota Malang oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Kinerja penyidikan KPK itu selalu mengikuti alur rangkaian. Jika seseorang berada dalam gerbong rangkaian tersebut dan melakukan perbuatan melawan hukum maka dipastikan akan masuk dalam peta kerja KPK selanjutnya, hanya masalah waktu," ujar Azmi, Rabu (5/9), seperti diberitakan Kantor Berita Politik RMOL

Menurut Azmi, keadaaan DPRD Kota Malang  ini semakin menunjukkan potret buruk roda pemerintahan. Produk peraturan daerah (perda)  justru menjadi salah satu pintu untuk korupsi antara eksekutif dan legislatif.

"Apapun alasannya mereka telah menyalahgunakan kekuasaannya untuk kepentingan pribadi yang dibungkus atas nama kehendak undang-undang," ujarnya.

Untuk diketahui, KPK baru saja mengumumkan 22 orang anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka suap dan gratifikasi. Hingga kini, total ada 41 anggota DPRD Malang yang menjadi tersangka dari jumlah 45 anggota DPRD yang ada.

"Penetapan 22 anggota DPRD Kota Malang tersebut merupakan tahap ketiga. Hingga saat ini, dari total 45 anggota DPRD Kota Malang, ada 41 anggota yang ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK," kata Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan di Gedung KPK, jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (3/9/2018).
[sri]




Komentar Pembaca
'Lautan' Manusia di Pinggir Sungai Musi Saat Kampanye Prabowo
Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

RABU, 24 APRIL 2019 , 12:32:00

Mentan Memanggang Kopi

Mentan Memanggang Kopi

SELASA, 23 APRIL 2019 , 16:21:00