Takut Mati, Anggota Dewan Batalkan Kontes Kartun

Investigasi  JUM'AT, 31 AGUSTUS 2018 , 07:39:00 WIB | LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

Takut Mati, Anggota Dewan Batalkan Kontes Kartun
RMOLSumsel. Anggota Parlemen Belanda yang anti-Islam Geert Wilders beberapa jam lalu telah membatalkan Kontes Kartun Nabi Muhammad yang akan diselenggarakan November 20018.

Pembatalan itu dilakukan Wilders menyusul ancaman pembunuhan serta protes besar-besaran di Pakistan.

"Untuk menghindarkan jatuhnya banyak korban akibat kekerasan yang dilakukan umat Islam, saya telah memutuskan urung menggelar kontes kartun tersebut," kata Geert Wilders, politisi oposisi kanan jauh dalam pernyataan tertulisnya yang dirilis The Guardian, Jumat (31/8).

Wilders telah bertahun-tahun  hidup dalam penjagaan keamanan selama 24 jam per hari. Ia diancam pembunuhan gara-gara retorika anti-Islam yang terus menerus digencarkannya. Ia mengaku, membatalkan kontes karena tidak mau orang-orang lain jadi korban gara-gara ia menggelar lomba kartun tersebut.

Berita mengenai rencana kompetisi itu telah menyulut kemarahan di Pakistan. Lalu seorang pemuda Pakistan berusia 26 tahun ditangkap di Den Haag, Belanda, Selasa lalu, karena diduga berencana membunuh Wilders.

Kontes tersebut semula direncanakan berlangsung dengan pengamanan ketat di Ruang Fraksi Party for Freedom (Partai Kebebasan) di Gedung Parlemen Belanda. Pemerintah Belanda sendiri sudah tak ikut campur bahkan menjauhkan diri dari rencana tersebut.

PM  Belanda Mark Rutte pekan lalu sudah menanyakan pada Wilders, apa motifnya menggelar kontes tersebut.

"Tujuan dia bukan untuk menggelar debat tentang Islam. Tujuannya adalah memprovokasi," kata Rutte mengenai rencana Wilders tersebu. [ida]
Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

Demokrat Masih Bersama Prabowo-Sandi

JUM'AT, 19 APRIL 2019 , 21:00:00

Real Count KPU Lambat!

Real Count KPU Lambat!

KAMIS, 18 APRIL 2019 , 17:00:00

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

Jokowi: Jangan Jumawa, Tunggu Hasil Resmi KPU

RABU, 17 APRIL 2019 , 19:00:00