Kesehatan Jamaah Haji Tetap Dipantau Hingga Dua Minggu Setelah Pulang

Kesehatan  KAMIS, 30 AGUSTUS 2018 , 10:25:00 WIB | LAPORAN: ANDI SYAHRIAL

Kesehatan Jamaah Haji Tetap Dipantau Hingga Dua Minggu Setelah Pulang

Net

RMOLSumsel. Dijadwalkan, tanggal 1 September 2018 mendatang, 121 Jemaah Haji asal Kabupaten Lahat, akan tiba di Bumi Seganti Setungguan, setelah 40 hari menjalankan ibadah di tanah suci.

Namun, yang harus diwaspadai penyebaran virus menular Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV). Kendatipun sudah dilakukan pengecekan kesehatan di bandara, pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) akan memantau kurun waktu 2 minggu berturut-turut.

Demikian disampaikan, Kadinkes Lahat, Rasyidi Amri melalui Kabid Pelayanan Kesehatan, Darsya Alam disampaikan Kasi Rujukan dan Penjamin Kesehatan, Panhar.

Walaupun di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin ll, mereka (Jemaah Haji) diperiksa kesehatannya, ketika tiba dan pulang ke rumah masing-masing, pemantauan tetap dilaksanakan,” tuturnya, Rabu (29/8).

Dia menambahkan, pihak Dinkes Lahat akan berkoordinasi dengan puskesmas tempat tinggal jemaah haji bersangkutan.

Apabila, hasil pantauan nantinya ada yang mencurigakan, maka, kita langsung bertindak mengantisipasinya,” ungkap Panhar.

Panhar menyebutkan, agar kiranya kepada keluarga jemaah haji, ketika jemaah tiba, untuk sementara waktu, jangan kontak fisik, tukar wadah makanan serta pakaian.

Virus ini sangat menular, jadi, kami sarankan, jangan kontak fisik terlebih dahulu sebelum 2 minggu berlalu,” tandasnya.[rik]

Komentar Pembaca
Melayat Eka Tjipta di Rumah Duka

Melayat Eka Tjipta di Rumah Duka

SENIN, 28 JANUARI 2019 , 08:43:00

IBADAH IMLEK

IBADAH IMLEK

SELASA, 05 FEBRUARI 2019 , 13:10:00

Woow.. Ahok Salam 3 Jari

Woow.. Ahok Salam 3 Jari

KAMIS, 24 JANUARI 2019 , 11:16:00