Antisipasi Kaki Gajah, Dinkes Bagi Obat Cacing

Kesehatan  JUM'AT, 24 AGUSTUS 2018 , 20:55:00 WIB | LAPORAN: DEDE SUHEN

RMOLSumsel. Dinas Kesehatan Kota Prabumulih membagikan Obat Cacing secara cuma-cuma alias gratis. Obat tersebut dibagikan untuk anak usia Paud TK hingga Sekolah Dasar (SD) usia 1-12 tahun.

"Sekitar 49.290 sasaran pembagian obat cacing di Prabumulih. Yang bersamaan dengan pembagian Vitamin A," kata Kepala Dinas Kesehatan dr Hj Rusmini melalui Kabid P2P Imawati.

Menurut Ima, pemberian obat cacing tersebut, selain sebagai sebagai langkah pencegahan penyakit cacingan pada anak, juga untuk pencegahan penyakit kaki gajah.

"Ini juga dalam rangka mendukung eliminasi penyakit kaki gajah atau filariasis sampai tahun 2020," ungkapnya.

Diterangkan Ima, penyakit kaki gajah merupakan penyakit menular yang disebabkan cacing, dimana cacing tersebut banyak ditemukan di negara tropis seperti Indonesia.

"berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan anak yang bebas dari infeksi cacing, tubuhnya lebih baik dalam menyerap makanan," terangnya.

Selain itu, kata Ima, dapat meningkatkan status gizi anak sehingga mempengaruhi perkembangan kemampuan kognitif dan perbaikan prestasi anak di sekolah.

"Kemudian memang obat cacing harus rutin diberikan 1 kali selama 1 tahun. Pembagian dilakukan secara langsung ke sekolah bersama petugas dari Puskesmas," terangnya.[rik]



Komentar Pembaca
Melayat Eka Tjipta di Rumah Duka

Melayat Eka Tjipta di Rumah Duka

SENIN, 28 JANUARI 2019 , 08:43:00

IBADAH IMLEK

IBADAH IMLEK

SELASA, 05 FEBRUARI 2019 , 13:10:00

Woow.. Ahok Salam 3 Jari

Woow.. Ahok Salam 3 Jari

KAMIS, 24 JANUARI 2019 , 11:16:00