Masalah Rumah Tangga Jangan Diungkap Di Medsos

Lifestyle  SENIN, 20 AGUSTUS 2018 , 20:13:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Masalah Rumah Tangga Jangan Diungkap Di Medsos

rmolsumsel

RMOLSumsel. Dalam kehidupan berumah tangga, tidak melulu dihiasi hal-hal yang indah saja. Onak dan duri atau permasalahan dalam rumah tangga, tentu akan datang silih berganti.

Nah, kalau masalah datang, janganlah diumbar ke pihak ketiga. Apalagi mengeluh di media sosial (Medsos).

Pesan ini disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Drs H Ishak Putih MSi, saat membuka dan mengisi materi pada acara Bimbingan Perkawinan Bagi Calon Pengantin Usia Pranikah di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Semidang Aji (20/8).

"Kalo ada permasalahan rumah tangga, Jangan pernah curhat di medsos. Itu sedunia maya itu baca. Bisa merusak. Hadapi saja kalau kita gentlemen," kata Ishak.

Jangan pula bikin status di Mesdos. Misal ada yang menulis status; "Kulalui hidup ini walau berat". Nah, tentu hal itu akan menuai persepsi macam-macam. Serta komentar-komentar orang, yang bisa jadi bukan menyelesaikan malah. Yang ada malah akan memperkeruh.

Dirinya pun sebagai Kepala Kantor, akan memanggil pegawainya bila ada yang berlaku demikian.

"Itu jangan dilakukan. Kalau ada pegawai saya yang seperti itu, saya akan panggil. Tidak usah ngadu dengan banyak orang. Apalagi menjahatkan orang lain di medsos. Saya paling tidak senang medsos jahatkan orang lain," katanya.

Jadi, menurut Ishak Putih, alangkah baiknya jikalau ada permasalahan dalam rumah tangga, dapat diselesaikan secara berdua saja.

Kalaupun masalah datang, kata Ishak lagi, cepat-cepat ingat, bahwa kita menikah dulunya disaksikan banyak orang. Artinya ingat sejarah waktu awal-awal menikah. Niat dan tujuannya apa.

"Jangan pula dikit-dikit balik ke rumah orang tua kalau cekcok. Masuk kamar saja. Tapi dak usah dukunci. Itu seninya. Pasti akan mesra lagi," selorohnya.

Ishak Putih sendiri di kesempatan itu menyampaikan materi tentang "Mempersiapkan Perkawinan Yang Kokoh Menuju Keluarga Sakinah".

Ia pun membeberkan kiat-kiat dalam membangun keluarga sakinah. Yakni yang pertama, harus selalu berfikir objektif dan jernih atau berfikir maju kedepan. "Jangan selalu curiga," tegasnya.

Kedua, jangan melihat masa lalu. Dalam artian jangan pernah tanyakan masa lalu pasangan. Apalagi dibuka terus. "Yang penting bagaimana kedepan atau harapan yang akan dicapai bersama," imbuhnya.

Ketiga, fokus pada kelebihan pasangan. Keempat, saling percaya 100 persen. Kelima, pemenuhan kebutuhan biologis. Keenam hindari pihak ketiga dan media sosial, termasuk mengadu dengan ortu.

Ketujuh menjaga romantisme. Kedelapan selalu utamakan komunikasi. Kesembilan jaga spiritual rumah tangga kita. "Pesankan pada istri, banyak-banyak bersyukur dan tidak banyak menuntut," sebutnya.

Pada akhirnya, menurut Ishak, agama punya peran penting dalam membentuk keluarga sakinah mawaddah warohmah.

Senada dikatakan Kepala KUA Semidang Aji, Amin Fajar S.Ag. "Kalau ada masalah rumah tangga, jangan curhat ke teman dan medsos. Masalah bukan selesai, malah bertambah," ujar Amin dalam sambutannya.

Bimbingan yang diselenggarakan selama dua hari (20-21 Agustus) itu, diikuti 60 pasangan pranikah atau pasangan yang baru saja menikah di wilayah Kecamatan Semidang Aji.

Selain Kakan Kemenag, bimbingan ini juga menghadirkan narasumber dari lintas sektor. Sedangkan moderatornya, adalah para Penyuluh Agama Islam (PAI) non PNS yang bertugas di Semidang Aji. [rhd]

Komentar Pembaca
Pecat Anak Buah Surya Paloh!

Pecat Anak Buah Surya Paloh!

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 19:00:00

Golkar Pecah, Sebagian Dukung Prabowo-Sandi

Golkar Pecah, Sebagian Dukung Prabowo-Sandi

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00

BENANG MERAH (EPS.156): Menanti Hasil Perburuan SBY

BENANG MERAH (EPS.156): Menanti Hasil Perburuan SBY

SABTU, 22 SEPTEMBER 2018 , 11:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Bantuan Kemanusiaan Pusri Untuk Lombok NTB

Bantuan Kemanusiaan Pusri Untuk Lombok NTB

KAMIS, 13 SEPTEMBER 2018 , 11:56:00