Honor PPS Muara Enim Belum Juga Dibayar

Laporan : Edwinsyah Satria

Ragam  KAMIS, 16 AGUSTUS 2018 , 12:54:00 WIB

Honor PPS Muara Enim Belum Juga Dibayar

RMOLSumsel

RMOLSumsel. Puluhan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, Kamis (16/8) mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muara Enim guna mempertanyakan honor PPS Pileg untuk mereka yang sejak bulan Maret hingga Juli atau sudah lima bulan belum dibayarkan.

Dikatakan perwakilan dari salah satu anggota PPS mengatakan, mereka sudah tidak menerima honor yang seharusnya mereka terima sejak Maret hingga hari ini. Kami minta kejelasan kepada KPU mengapa honor Pileg kami belum juga dibayarkan,” ujarnya.

 Padahal, tambahnya, lima bulan itu bukan waktu yang sebentar mengingat ada beberapa hal seperti kebutuhan kesekertariatan yagn juga membutuhkan biaya.

"Di daerah lain saja ada juga terjadi hal seperti ini, tapi tidak sampai lima bulan. Hanya beberapa bulan tapi cepat diselesaikan," tambahnya.

Kami berharap, lanjutnya lagi, KPU cepat mengambil sikap danmenyelesaikan p[ermasalahan ini. Kita ini kerja kolektif. Dan apabila ada satu bagian saja yang bermasalah otomatis akan mempengruhi semuanya. Apalagi ini masalah keuangan. Kami berharap KPU bisa segera menyelesaikan hal ini,” tukasnya.

Ternyata bukan hanya honor Pileg PPS Muara Enim saja, semua PPS juga hingga saat ini belum menerima honor yang seharusnya sudah bisa nikmati. Dimana seblumnya honor PPS Kelurahan Muara Enim untuk Pilkada juga belum dibayarkan.

Sementara itu, Komisioner KPU melalui Sekertaris KPU Suryadi mengatakan, mengenai keterlambatan pembayaran honor PPS disebabkan SK pencairan yang harusnya sudah ditandatangani dan bisa dicairkan masih dalam proses di Pemkab Muara Enim.

Kalau uangnya sudah ada di rekening KPU. Tapi SK pencairan masih belum ditandatangani oleh Bupati. Jadi belum bisa kami cairkan. Secepatnya setelah ditanda tangani pasti segera kami berikan hak mereka,” ujarnya.

Bukan hanya permasalahan SK yagn belum ditanda tangani, salah satu yang membuat pembayaran kepada PPS terlambat adalah usulan kesekertariatan dari PPK juga terlambat masuk ke KPU dan yang ini juga menjadi kendala pencairan.

Kita juga belum bisa membayarkan honor mereka sesuai dengan apa yang kita tanyakan kepada KPU Sumsel bahwa ditakutkan adanya penerimaan honor yang double. Namun sekarang saat kami tanyakan kembali ke KPU Sumsel sudah bisa dibayarkan,” pungkasnya seraya menambhakan bahwa maslah keuangan tidak ada maslah.

Sementara itu, Komisioner KPU Divisi Tekhnis Ahyaudin menambahkan, permasalahan tidak semata mata hanya di KPU. Tapi juga dari tingklat kecamatan yang belum menyerahkan nama nama kesekretariatan seperti sekretaris dan bendahara juga jadi penghambat.
"Mereka jangan hanya menutut hak saja tapi juga mereka harus menyelesaikan keajiban mereka. Seperti laporan pertanggung jawban masih ada yang belum menyerahkan. Hal itu juga menghambat," pungkasnya. [rhd]

 

Komentar Pembaca
Wong Sumsel Jadi Senator..

Wong Sumsel Jadi Senator..

KAMIS, 25 JULI 2019 , 18:01:00

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

TNI Pati Naik Pangkat

TNI Pati Naik Pangkat

SELASA, 23 JULI 2019 , 07:37:00