Asian Games Palembang Harus Bersih, DLHK Jangan Bikin Malu

PEMKOT PALEMBANG  RABU, 15 AGUSTUS 2018 , 16:05:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Asian Games Palembang Harus Bersih, DLHK Jangan Bikin Malu

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Ada beberapa syarat yang harus dipatuhi Kota Palembang, saat ditunjuk sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Salah satunya adalah, kota ini harus bebas dari sampah.

Karena, ungkap Penjabat (Pj) Walikota Palembang, Dr. H Akhmad Najib, SH MHum, didalam masterplan Olympic Council of Asia (OCA), salah satu syarat yang harus dipenuhi dari adalah terkait sampah.

"Dari masterplan yang diserahkan, salah satunya adalah terkait kebersihan. Jadi, tidak ada alasan apalagi saling menyalahkan," ungkapnya dalam rapat bersama terkait penutupan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sukawinatan yang dilaksanakan di ruang Rapat Parameswata lantai 2, Sekretriat Daerah (Setda) Kota Palembang, Rabu (15/8/18).

Lebih lanjut disampaikan Najib, dalam beberapa hari kedepan, Kota Palembang akan menjadi tuan rumah Asian Games dan persoalan sampah ini bukan hanya mendapat perhatian masyarakat lokal atau Nasional saja, karena akan lebih dari itu.

Karena akan ada 45 negara yang menjadi peserta perhelatan akbar Asian Games 2018. Artinya, jika Palembang tidak maksimal mengatasi masalah kebersihan. Tentu, akan menjadi catatan buruk bagi tamu mancanegara yang sudah berdatangan.

"Tolong masalah kebersihan ini jadi catatan penting bagi kepala DLHK Palembang, jangan hanya mengeluh kurang ini, kurang itu, kurang modal dan tidak ada annggaran. Karena hal itu semua tergantung dari komitmen kepala DLHK dalam melaksanakan tugasnya," imbuhnya.

Harus dipahami, jika dilihat persoalan sampah di Palembang ini timbul karena dua aspek. Pertama kinerja kepala dinas dan jajarannya, kemudian aspek integritas koordinasi. Kalau memang kepala dinasnya punya kemauan agar Palembang ini bersih, tentu bisa.

Dimana, kepala DLHK bisa berkoordinasi antar sektor, apalagi perusahaan swasta di Palembang ini banyak, dan bisa dimanfaatkan dana CSR.

"Kita harus ada keinginan bagaimana mengajak, misalnya perlu ada sosialisasi, koordinasi antar sektor. Itu semua bisa dilakukan oleh kepala DLHK dengan cara didekati, jangan malahan dimusuhi, intinya harus berinovasi dan memiliki strong komitmen," ulasnya.

Disinggung soal adanya surat rekomendasi DPRD Palembang untuk DLHK Palembang segera membuka TPA Sukawinatan ? Najib menjawab, Kamis (16/8) kepala DLHK Palembang akan melakukan rapat bersama Komisi III DPRD Palembang membahas hal itu.

"Silahkan Faizal (Kepala DLHK) melakukan rapat bersama Komisi III, untuk menjelaskan keadaan sebenarnya, jangan sampai jadi kesalahan. Kita harus koordinasi," katanya.[rik]

Komentar Pembaca
Ketum PP Muhammadiyah Siap Menangkan Prabowo-Sandi

Ketum PP Muhammadiyah Siap Menangkan Prabowo-Sandi

JUM'AT, 21 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00

Kedok #2019GantiPresiden Terbongkar

Kedok #2019GantiPresiden Terbongkar

JUM'AT, 21 SEPTEMBER 2018 , 15:00:00

Grup Tari Saman Tuna Netra Pecahkan Rekor MURI

Grup Tari Saman Tuna Netra Pecahkan Rekor MURI

KAMIS, 20 SEPTEMBER 2018 , 21:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Bantuan Kemanusiaan Pusri Untuk Lombok NTB

Bantuan Kemanusiaan Pusri Untuk Lombok NTB

KAMIS, 13 SEPTEMBER 2018 , 11:56:00