DPM-PTSP Kota Palembang Terima Sertifikat Badan Siber Sandi Negara

PEMKOT PALEMBANG  SELASA, 14 AGUSTUS 2018 , 23:05:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

DPM-PTSP Kota Palembang Terima Sertifikat Badan Siber Sandi Negara

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Teknologi informasi menjadi sesuatu yang paling penting dalam penyelenggaraan pelayanan terpadu yang akan masuk dalam sistem Mall Pelayanan Terpadu (MPT).

Untuk memuluskan rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang tersebut, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) hari ini, Selasa (14/8/18), menerima sertifikat Tanda Tangan Digital (Digital Signature) dari Balai Sertifikasi Elektronik " Badan Siber dan Sandi Negara.

"Alhamdulillah tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya dengan Badan Siber dan Sandi Negara terkait persiapan Pemkot Palembang untuk Mall Pelayanan Publik, cukup mendapat respon. Hari ini kami menerima sertifikat elektronik dadi Badan Siber dan Sandi Negara," terangnya.

Kepada RMOL Sumsel, Kepala DPM-PTSP Kota Palembang, Dr. Akhmad Mustain menyampaikan, proses Digital Signature ini merupakan salah satu upaya persiapan dan percepatan penyelenggaraan Mall Pelayanan Publik tahun 2019.

Karena, selain persiapan infrastruktur, sarana dan prasarana, Mall Pelayanan Publik juga harus siap dari sisi teknologi informasi salah satunya adalah digital signature.

"Dengan digital signature maka akan memberi manfaat yang signifikan bagi pelayanan perijinan. Artinya, mall pelayanam publik adalah kebutuhan mendesak dan harus segera direalisasikan " tuturnya.

Kecepatan, kehandalan dan keamanan merupakan faktor yang menjadi pertimbangan digital signature. Apalagi layanan yang diberikan oleh Mall Pelayanan Publik harus sudah terotomasi dan menggunakan sistem yang terintegrasi pada saat launching tahun 2019 mendatang.

Selain itu, digital signature juga akan memberikan manfaat berupa efisiensi, fleksibiltas dan praktis dalam proses penerbitan perijinan karena tidak akan lagi memerlukan pena, kertas dan tinta serta penerbitan perijinan pun dapat ditandatangani oleh pejabat yang berwenang dimanapun berada tanpa harus berada di kantor bahkan kedepannya masyarakat bisa mencetak dokumen perijinan sendiri di rumah.

"Dengan sistem digital signature menghasilkan tanda tangan yang identik dan akurat serta tidak dapat dipalsukan oleh pihak lain," tandasnya.[rik]

Komentar Pembaca
BENANG MERAH (EPS.162): Pilpres Atau Adu Jangkrik?

BENANG MERAH (EPS.162): Pilpres Atau Adu Jangkrik?

JUM'AT, 16 NOVEMBER 2018 , 19:00:00

Ma

Ma"ruf Amin Dilaporkan Ke Bawaslu

JUM'AT, 16 NOVEMBER 2018 , 13:00:00

Terduga Pembantai Keluarga Nainggolan Ditangkap

Terduga Pembantai Keluarga Nainggolan Ditangkap

KAMIS, 15 NOVEMBER 2018 , 15:00:00

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

MINGGU, 28 OKTOBER 2018 , 16:56:00

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

SELASA, 06 NOVEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00