Asian Games PBK Pastikan Semua Hotel Aman Kebakaran

PEMKOT PALEMBANG  SELASA, 14 AGUSTUS 2018 , 20:30:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Asian Games PBK Pastikan Semua Hotel Aman Kebakaran

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Untuk memberikan keamanan dan kenyamanan para tamu selama Asian Games, Dinas Penanggulangan Bencana dan Kebakaran (PBK) Kota Palembang, melakukan inspeksi mendadak (sidak) Alat Pemadam Kebakaran Ringan (APAR) atau portable fire.

Bahkan, sidak yang dimulai dari pukul 11.00 WIB hari ini, Selasa (14/8/18), menyisir hotel-hotel berbintang seperti Horison Ultima hotel, Arista, Aston,  Novotel dan Aryaduta hotel.

Kepala Dinas PBK Kota Palembang, Dicky Lenggardi Tatung menyampaikan, sidak apar dilakukan agar dapat memberikan rasa aman dan nyaman para tamu selama Asian Games.

"Meski merela memilki keamanan berstandar, kita tidak ingin hotel-hotel berbintang lengah," ungkapnya disela-sela kegiatan sidak.

Dari hasil sidak yang dilakukan hari ini, meski eamanan hotel yang didatangi cukup baik atau sesuai SOP,  masih ada alarm yang rusak dan ini jadi evaluasi dan pihak hotel, untuk segera diperbaiki.

Selanjutnya, pihak hotel juga harus rutin melakukan pemeriksaan isi tabung APAR. Minimal enam bulan sekali di semua bangunan. Terutama fasilitas publik supaya ketika adanya insiden dapat langsung diantisipasi dengan cepat dan api tidak meluas.

Untuk itu, beberapa alat keamanan lain seperti Hydrant, Springkle, suplai air  sert tangga darurat jika ada kecelekaan kebakaran.

"Semua kita periksa, termasuk mengecek ketersediaan Hydran dan sprinkler. Dan dari hasil sidak kami hari ini, beberapa hotel yang disidak hampir memenuhi standar proteksi kebakaran yang cukup baik. Hanya saja perlu adanya perawatan dan pengetahuan untuk penggunakan alat pemadam tersebut," tandasnya.

Sementara itu, Manager Engineering Horison Ultima, Sutrisno menyambut baik sidak tersebut. Dijelaskannya total APAR ada 62, kemudian hydran ada 62, APAR yang besar sekitar 8 unit dan petugas operasional sudah ada 20 orang yang siap membantu.

"Kami akan memperbaiki apa yang menjadi evaluasi dari pihak PBK dan terimakasih juga sudah mengingatkan demi pelayanan terbaik untuk tamu ke depan," terangnya singkat.[rik]

Komentar Pembaca
Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

SENIN, 15 JULI 2019 , 14:53:43

Lebih Baik Prabowo Mati Daripada Berkhianat

Lebih Baik Prabowo Mati Daripada Berkhianat

JUM'AT, 12 JULI 2019 , 14:15:15

Jokowi Jangan Beli Kucing Dalam Karung

Jokowi Jangan Beli Kucing Dalam Karung

KAMIS, 11 JULI 2019 , 17:38:25

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00