Oh...KPK Bergolak, Pelantikan Batal

Sosial  SELASA, 14 AGUSTUS 2018 , 16:26:00 WIB

Oh...KPK Bergolak, Pelantikan Batal
RMOLSumsel. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali bergolak gara-gara rotasi jabatan besar-besaran dilakukan tak transparan. Rotasi dilakukan oleh Plt Sekretaris Jenderal yang merombak besar-besaran pejabat setingkat direktur.

KPK sedang gonjang-ganjing akibat orang-orang baik mau dirotasi,” kata sumber di internal KPK seperti diberitakan JPNN,  Selasa (14/8).

Hanya saja, ada beberapa pejabat yang tak tersentuh rotasi itu. Kabarnya, keputusan rotasi juga tak dilakukan secara transparan. Plt sekjen dan beberapa deputi KPK melakukan rapat tertutup tanpa melibatkan direktur.

Jika tak ada protes dari para pegawai KPK maka sejumlah pejabat yang dirotasi akan dilantik hari ini.  Karena ada pergolakan di dalam, pelantikannya akan diundur menjadi 24 Agustus mendatang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, semua pejabat KPK yang dirotasi karena diduga kerap mengkritik pimpinan agar bertindak sesuai aturan.

"Beberapa yang dirotasi kerap bicara agar pimpinan menegakkan kode etik dan bertindak tegas sesuai aturan," kata sumber.

Hal senada juga diungkapkan beberapa sumber lainya. "Mereka (yang dirotasi) tidak mau menuruti perintah pimpinan yang tidak sesuai aturan," papar sumber tersebut.

Salah seorang sumber lain mengatakan, rotasi dalam sebuah organisasi memang wajar. Namun, kalau dilakukan tanpa dasar yang jelas apalagi karena alasan ketidaksukaan, maka hal itu menimbulkan kecurigaan yang besar.

”Kalau rotasi sih sudah biasa dalam sebuah sistem organisasi, tapi hal yang dilakukan ini aneh,” papar sumber tersebut.

Terpisah, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang membantah tuduhan yang menyebut kebijakan rotasi itu sebagai tindakan sembarangan. Menurutny, kebijakan rotasi merupakan diskresi pada pimpinan KPK.

Ini diskresi pimpinan. Diskresi kami berlima yang membuat ini organisasi lebih dinamis,” kata Saut kepada JawaPos.com.

Oleh karena itu Saut mengatakan, pimpinan KPK memiliki kewenangan untuk melakukan kebijakan rotasi. Terlebih, kebijakan itu demi menunjang kinerja KPK.

Kerja KPK ini kan bukan bikin tomat jadi bom atom. Kerja di KPK ini kalau akal sehatnya jalan, dia bisa dipindahin di mana saja dan orang di KPK adalah orang yang pintar,” ketusnya. [ida]

Komentar Pembaca
Ketum PP Muhammadiyah Siap Menangkan Prabowo-Sandi

Ketum PP Muhammadiyah Siap Menangkan Prabowo-Sandi

JUM'AT, 21 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00

Kedok #2019GantiPresiden Terbongkar

Kedok #2019GantiPresiden Terbongkar

JUM'AT, 21 SEPTEMBER 2018 , 15:00:00

Grup Tari Saman Tuna Netra Pecahkan Rekor MURI

Grup Tari Saman Tuna Netra Pecahkan Rekor MURI

KAMIS, 20 SEPTEMBER 2018 , 21:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Bantuan Kemanusiaan Pusri Untuk Lombok NTB

Bantuan Kemanusiaan Pusri Untuk Lombok NTB

KAMIS, 13 SEPTEMBER 2018 , 11:56:00