Rekam Jejak Inklusif Ma'ruf Mampu Meroketkan Elektabilitas Jokowi

Politik  JUM'AT, 10 AGUSTUS 2018 , 17:07:00 WIB | LAPORAN: DEDE SUHEN

Rekam Jejak Inklusif Ma'ruf Mampu Meroketkan Elektabilitas Jokowi
RMOLSumsel. Calon Presiden (Capres) Joko Widodo (Jokowi) resmi memilih Ketua Majelis Ukama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) Pemu Presiden (Pilpres) 2019.

Ditetapkannya Ma'ruf Amin sebagai cawapres di luar ekspektasi masyarakat selama ini. Pasalnya Jokowi sebelum ini dikait-kaitkan dengan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD.

Namun satu hari sebelum pendaftaran ke KPU, Jokowi mendeklarasikan bahwa Ma'ruf Amin lah yang terpilih untuk mendampinginya. Bak gayung bersambut, keinginan Jokowi tersebut disambut baik oleh Ma'ruf Amin,  yang menegaskan siap untuk mendampingi Jokowi pada Pilpres mendatang.

Pengamat Politik Akhmad Muftizar Zawawi menilai,  Ma'ruf menjadi cawapres Jokowi merupakan pilihan yang tepat. PasalnyaMa'ruf memiliki rekan jejak yang inklusif sebagai Ketua MUI.

"Ma'ruf bisa mendongkrak elektabilitas Jokowi,  karena beliau punya rekam jejak yang inklusif sebagai Ketua MUI yang membawahi ulama-ulama lintas aliran," Ujar Mufti, Jumat (10/8).

Selain itu, kata Mufti, Ma'ruf Amin juga merupakan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) yang struktural dan disegani oleh pengurus NU lainnya di Indonesia.

"Beliau juga seorang NU yang struktural di mana itu ditegaskan oleh sesepuh NU bahwa kalangan NU se-Indonesia wajib mendukung siapapun kader NU struktural yang dicalonkan, bukan NU kultural seperti Mahfud," terangnya. [ida]

Komentar Pembaca
Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00