Bandar 17 Kilogram Sabu-sabu Ditembak Mati

Kriminal  JUM'AT, 10 AGUSTUS 2018 , 15:14:00 WIB | LAPORAN: YOSEP INDRA PRAJA

Bandar 17 Kilogram Sabu-sabu Ditembak Mati

BNN Provinsi Sumsel/RMOLSumsel-yosep

RMOLSumsel. Tindakan tegas dan terukur dilakukan oleh petugas dari Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Selatan (BNNP Sumsel),terhadap dua bandar narkoba jenis shabu-shabu seberat 17 kilogram.


Bahkan, dua bandar narkoba berinisial ER dan GI tewas ditembak petugas BNNP Sumsel,karena berusaha melawan dan melarikan diri dari kepungan petugas saat hendak ditangkap.Selain itu, petugas juga mengamankan tiga pelaku lainnya yakni Siso (38), Hilario (21), dan Mino (48).Tersangka yang masih hidup yakni HI, 21, warga Kelurahan Tanah Abang Utara, PALI, Sumsel, SU, 38, warga Desa Besilam, Padang Tualang, Langkat, Medan, Sumut, dan MI, 47, warga Desa Rambau Jaya, Kampas Indra Hilir, Pekanbaru.


Tersangka yang ditembak mati yakni ER, 38, warga Dusun Bukit Tua, Padang Tualang, Langkat, Medan dan GI, 23, warga Tanah Abang Utara, PALI, Sumsel.



"Dua yang tewas yakni ER dan GI. Dari hasil penangkapan ini didapatkan narkoba sebanyak 17 kg sabu-sabu.Karena,melawan dan membahayakan petugas jadi terpaksa kita tindak tegas," ujar Kepala BNNP Sumsel Brigjen Pol Jhon Turman Panjaitan didampingi Kabid Pemberantasan AKBP Agung Sugiono ketika rilis di Kamar Jenazah RS Bhayangkara Palembang, Jumat (10/8).


Informasi dihimpun, penangkapan yang dilakukan petugas Pemberantasan BNNP Sumsel terjadi di Depan salah satu hotel kawasan Puncak Sekuning Kecamatan IB I Palembang, Kamis (10/8/2018) pukul 18.20.


Ketika itu tersangka ER bersama Siso dan Mino, sedang bertransaksi narkoba dengan tersangka GI ditemani Hilario yang datang dari Kabuaten PALI. Petugas yang sudah melakukan pengintaian pun langsung melakukan penggrebekan.


Tiga tersangka Siso, Hilario, dan Mino tak berkutik dikepung etugas. Sementara ER dan GI, melawan petugas dan melawarikan diri. Petugas pun melakukan tembakan secara terukur dan akhirnya kedua tersangka keok. Kedua tersangka tewas dengan kondisi peluru petugas mengenai punggung.


Dari penggeledahan petugas, didapatkan narkoba sebanyak 17 kg sabu-sabu yang disimpan di dalam jok mobil Avanza. ER merupakan pimpinan tersangka Siso dan Mino yang membawa sabu-sabu 17 kg dari Medan ke Palembang melalui jalur darat dengan membawa mobil pribadi.


Sementara GI dan Hilario, merupakan pengedar narkoba di Sumsel yang menerima pasokan dari Medan untuk disebarkan wilayah Sumsel. "ER ini memang bandar besarnya, sedangkan GI penerima pasokan. Dari pemeriksaan, GI ini adalah adik dari seorang napi (narapidana) yang menghuni salah satu lapas dan belum bisa kami sebutkan nama lapasnya. Jadi bisni narkoba ini dikendalikan napi di lapas,"terangnya.


Lanjutnya,penangkapan ini berawal saat petugas menerima laporan adanya sabu dari Medan yang akan diedarkan di Palembang. Kemudian, petugas melakukan penyelidikan dan mendapati para pelaku berada di Hotel Sriwijaya Primer, Jalan Puncak Sekuning, Ilir Barat I, Palembang pada Kamis malam (9/8).


Sesaat melakukan transaksi petugas langsung melakukan penggerebekan dan mendapati 17 kilogram narkoba jenis sabu.


"Mereka ini membawa sabu itu menggunakan mobil dan disimpan di bawah jok mobil," terangnya.


Dilanjutkanya,kelima tersangka ini merupakan jaringan internasional yang diduga dikenalikan salah satu warga binaan di Lapas. Kemudian, napi tersebut menyuruh adiknya tersangka GI (tewas) untuk mengambil barang pesanan tersebut. Sabu ini rencananya akan diedarkan di beberapa daerah di Sumsel.


"Kami juga akan melakukan pengembangan kasus ini dengan berkoordinasi dengan BNN Medan,"tukasnya. [yip]

Komentar Pembaca
BENANG MERAH (EPS.159): Anies Terlalu Lama Sendiri
Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 15:00:00

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00