Puluhan Ton Sampah Menumpuk di TPA Lahat

Sosial  JUM'AT, 10 AGUSTUS 2018 , 07:31:00 WIB | LAPORAN: ANDI SYAHRIAL

Puluhan Ton Sampah Menumpuk di TPA Lahat

Petugas pengangkut sampah di Lahat

RMOLSumsel. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lahat mencatat, sampah yang dihasilkan di Kabupaten Lahat mencapai 94.49 ton per hari. Kemudian, setelah dilakukan metode depostation, maka sampah yang ditimbun di tempat pembuangan akhir (TPA) mencapai 24.42 ton per hari.

Kepala DLH Lahat, Misri, melalui Kabid LB3 DLH, Budi Utama membeberkan, penyumbang sampah terbesar di kota Lahat berasal dari sampah rumah tangga, mencapai 9.64 ton perhari. Angka ini sama dengan sampah dari pasar tradisional, disusul sampah pusat perniagaan 3.91 ton, lalu sampah kantor 2.11 ton. Sampah dari kawasan terbuka 1.81 ton, dan fasilitas publik mencapai 1.80 ton.

"Wilayah Kota Lahat saja, sampah bisa 30.74 ton per hari. Untuk mengurangi tumpukan sampah di TPA, kita melakukan upaya depostation dan bank sampah," beber Budi, Kamis (9/8).

Budi menjelaskan, depostation yang dia maksud ialah tempat berkumpulnya orang membuang sampah. Petugas sampah yang ada di tempat pembuangan sampah Kelurahan Gunung Gajah, akan menyambut sampah dari bentor, dan masyarakat. Kemudian akan dipilah sesuai jenisnya.

"Dari hasil depostation ini, sampah untuk komposting 1.10 ton, daur ulang bahan baku 1.95 ton, yang dikelola bank sampah 1.21 ton. Inilah yang bisa membantu mengurangi jumlah sampah di TPA. Yang bisa di daur ulang, langsung dipisah," kata Budi.

Sementara itu, Direktur Bank Sampah DP Patner Lahat, Bripka Dodi Permana mengatakan, pengolahan sampah secara terpadu melalui Bank Sampah ini, jadi salah satu upaya untuk membatu mengurangi intensitas sampah yang masuk ke TPA.

"Yang sedang kita perjuangkan ini, bagaimana cara merubah pola pikir masyarakat. Dari sampah yang dianggap tidak ada nilai, jadi bernilai. Kalau ini berjalan, jelas intensitas sampah akan berkurang," ucap Dodi.[rhd]

Petugas pengangkut sampah di Lahat



Komentar Pembaca
Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00