Puluhan PHL PDAM Prabumulih Ancam Mogok Kerja

Ekonomi  RABU, 08 AGUSTUS 2018 , 21:39:00 WIB | LAPORAN: DEDE SUHEN

Puluhan PHL PDAM Prabumulih Ancam Mogok Kerja

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Prabujaya Kota Prabumulih sempat lumpuh beberapa jam lantaran puluhan pegawai perusahaan tersebut mogok kerja. Mogok kerja dilakukan lantaran tuntutan para pegawai meminta gaji ke 13 tak kunjung direalisasikan oleh pihak perusahaan.

Setelah dilakukan mediasi oleh pihak perusahaan akhirnya para pegawai yang merupakan pegawai harian lepas (PHL) tersebut kerja kembali.

Salah satu sumber yang enggan namanya disebut mengatakan aksi mogok kerja akan kembali dilakukan apabila tidak ada etikad baik dari perusahaan. Menurutnya,

"Hak kami gaji ke-13 belum kami terimo. Kalau dak dibagikan kami nak mogok. Yang di Pemkot (PHL) itu sudah nerimo galo," cetus sumber ini, Rabu (8/8).

Sementara, Direktur PDAM Iskandar dikonfirmasi membenarkan jika PHL yang ada di PDAM belum menerima gaji ke-13. Menurut Iskandar, belum dicairkannya dana tersebut lantaran terkendala aturan.

"Selain itu juga uang tidak ada. Bagaimana kami mau membayar kalau aturan dan uang tidak ada. Mereka mau seperti pegawai tetap, kalau pegawai tetapkan jelas dari Pemda," ujar Iskandar.

Diterangkan Iskandar, tuntutan 50 pegawai PHL tengah dicarikan solusi. "Kabag sudah rapat mencari solusi kalau memang ada aturan ya dibayar," terangnya.

Disinggung apabila nantinya gaji ke 13 tak dibayar, dan PHL benar-benar melakukan aksi mogok? Iskandar menuturkan hal tersebut akan berpengaruh terhadap pelayanan PDAM.

"Pengaruh ada, tapikan pegawai tetap kita tetap harus kerja keras pelayanan tetap bisa jalan," terangnya.

Hanya saja Iskandar menegaskan, bila para PHL tersebut mogok pihaknya akan memberikan saksi berupa pemberhentian. "Ya ganti yang baru, Tapi kita berusaha dulu apa solusinya," tambahnya.[sri]





Komentar Pembaca
SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

JAPFA Bantu Korban Banjir

JAPFA Bantu Korban Banjir

SELASA, 25 JUNI 2019 , 11:30:00