Jaga Citra Asian Games, DPR Minta Tindak Tegas Pembakar Hutan

Hukum  SELASA, 07 AGUSTUS 2018 , 08:59:00 WIB

Jaga Citra Asian Games, DPR Minta Tindak Tegas Pembakar Hutan

Foto/Net

RMOLSumsel. Komisi III DPR RI mendorong kepolisian menindak tegas pelaku pembakaran hutan yang dapat mengakibatkan terganggunya pelaksanaan Asian Games 2018 di Palembang.

Anggota Komisi III Ahmad Sahroni menuturkan, selama ini kabut asap menjadi momok tersendiri bagi Indonesa, khususnya di sejumlah pulau seperti Kalimantan dan Sumatera termasuk Sumatera Selatan.

Di samping peran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyosialisasikan bahaya kebakaran ladang dan hutan serta memberikan sanksi bagi perusahaan yang kedapatan sengaja melakukan pembakaran. Karena itu, aspek penegakan hukum dipandang sangat vital.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika sendiri mencatat sedikitnya terdapat 34 titik panas terpantau di Sumsel dan Riau akhir Juli lalu.

"Pemberian sanksi pidana secara tegas terhadap pelaku pembakaran ladang dan hutan harus dilakukan oleh Polri, terlebih dengan adanya pelaksanaan Asian games. Event ini sekaligus pertaruhan Indonesia di mata internasional," jelasnya melalui keterangan tertulis, Selasa (7/8).

Sahroni juga meminta masyarakat setempat sadar dan mendukung penuh pelaksanaan Asian Games. Salah satunya dengan melapor ke Satgas Karhutla bila melihat aktifitas pembakaran hutan atau menemukan titik api.

"Kita dukung pelaksanaan Asian Games di Indonesia. Buktikan bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah dengan mewujudkan Indonesia bebas asap," kata politisi Partai Nasdem tersebut.

Tak hanya kabut asap, Sahroni meyakini Polri dibantu TNI mampu melakukan pengamanan Asian Games, termasuk dari terorisme maupun kejahatan lain. Dia mengapresiasi penempatan pos gabungan Polri, TNI serta instansi lain seperti pemadam Kebakaran, Basarnas, dan BNPB hingga penggunaan kamera pengawas (CCTV) untuk memantau keamanan pelaksanaan Asian Games.

"Keamanan menjadi faktor krusial berhasilnya perhelatan Asian Games. Saya apresiasi Polri, TNI dan berbagai instansi lain yang mendukung pengamanan Asian games. Jangan sampai altit Indonesia dan mancanegara terganggu karena adanya kejahatan," imbuh Sahroni seperti diberitakan Kantor Berita Politik RMOL.[rik]

Komentar Pembaca
Harga Sawit Turun, Ini Beda Solusi SBY dan Jokowi

Harga Sawit Turun, Ini Beda Solusi SBY dan Jokowi

SENIN, 17 DESEMBER 2018 , 17:00:00

Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 21:00:00

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 13:00:00

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

SELASA, 06 NOVEMBER 2018 , 17:33:00

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

MINGGU, 28 OKTOBER 2018 , 16:56:00

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 10:42:00