WBP Rutan Baturaja Jadi Bagian Pecahkan Rekor Dunia

Ragam  MINGGU, 05 AGUSTUS 2018 , 21:53:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

WBP Rutan Baturaja Jadi Bagian Pecahkan Rekor Dunia

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Sejumlah penari di Indonesia memecahkan rekor dunia Guinness World of Records (GWR) untuk tari poco-poco terbesar atau The Largest Poco-Poco Dance” dalam rangka menyambut pesta olahraga multi cabang Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang.

Pemecahan rekor yang dilaksanakan Minggu (5/08), diikuti sekitar 65.000 peserta dari berbagai lapisan masyarakat, mulai dari pelajar, anggota TNI/Polri, sanggar senam, dan masyarakat umum termasuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan (Rutan) Baturaja Ogan Komering Ulu (OKU).

Kepala Rutan Kelas IIB Baturaja Herdianto, Kegiatan tari poco-poco tersebut dilaksanakan secara serentak diseluruh Unit Pelaksana Teknik (UPT) Pemasyarakatan di Indonesia dengan memanfaatkan media teleconference”.

"Keikutsertaan Pemasyarakatan kali ini tidak hanya sebagai bagian dari pemecahan rekor dunia, tetapi kita juga membuat sejarah baru untuk memecahkan rekor MURI sebagai peserta senam poco-poco narapidana terbanyak," ungkap Kepala Rutan Baturaja, Herdianto.

Rutan Baturaja sendiri mengerahkan sekitar 50 orang warga binaannya. Sebelumnya seluruh peserta dari UPT Pemasyarakatan telah melaksanakan gladi bersih secara serentak pada hari Minggu ini juga. Senam poco-poco ini juga menjadi bagian dari pembinaan kepribadian bagi narapidana di bidang kesehatan jasmani.

Selain mempersiapkan dari sisi kemandirian, narapidana juga harus sehat secara mental dan jasmani sehingga mengurangi peluang mereka untuk mengulangi perbuatannya.

"Acara yang diprakarsai oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia ini juga melibatkan seluruh lapisan masyarakat baik dari jajaran pemerintahan maupun masyarakat dan juga dapat menjadi sarana perekat dan pemersatu bangsa serta mampu menanamkan nilai nasionalisme," ujarnya.

Ditambahkan, tujuan digelar acara ini juga untuk ‘mendemamkan’ lebih dulu, sebagai tanda bahwa Indonesia telah siap lahir batin untuk menjadi tuan rumah Asian Games 2018 yang baik.

Tari poco-poco merupakan salah satu tarian tradisional yang berasal dari Maluku Utara. Tarian ini dikenal sebagai gerakan senam di antara lingkungan militer hingga kemudian berkembang menjadi sebuah tarian yang digemari seluruh masyarakat Indonesia.[rik]

Komentar Pembaca
Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00