DPR Dukung Penuh Produksi Amdes

Ekonomi  SABTU, 04 AGUSTUS 2018 , 21:58:00 WIB

DPR Dukung Penuh Produksi Amdes
RMOLSumsel. Komisi VI DPR RI memberi dukungan penuh pada pengembangan dan produksi mobil,  Alat Multiguna Pedesaan (Amdes), yang sedang digenjot Kementerian Perindustrian.

Pengembangan Amdes sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu. Di tahun ini, sudah dibuat prototipe ketiga. Mobilnya juga sudah diluncurkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD pada 2-12 Agustus 2018.

Presiden Joko Widodo dan Menperin Airlangga Hartarto sempat menjajal mobil tersebut dalam pembukaan GIIAS.

Kendaraan ini nantinya akan difokuskan untuk keperluan serbaguna di pedesaan, terutama untuk kebutuhan pertanian.

"Dengan demikian, nanti ada kendaraan yang bisa dimanfaatkan pemetik beras, pemecah gabah, atau untuk mengangkut pompa dan genset yang siap mendukung industri pertanian di perdesaan," ujar Airlangga seperti diberitkan JPNN.

Wakil Ketua Komisi VI Dito Ganinduto sangat setuju dengan pengembangan dan produksi Amdes.

"Kami memberikan dukungan penuh ke pemerintah dalam pengembangan dan produksi Amdes. Sebab, ini akan sangat berguna dan membantu masyarakat di desa," ujarnya.

Tahun ini, Amdes akan diproduksi sekitar 3.000 unit. Tahun depan, produksinya ditingkatkan menjadi 15 ribu unit. Harganya juga sangat terjangkau hanya Rp 60 juta. Jauh lebih murah dibanding jenis pikap yang selama ini dipakai masyarakat desa.

Dito memastikan, dukungan yang diberikan Komisi VI bukan cuma dalam bentuk ucapan. Pihaknya siap membantu dari sisi regulasi dan penganggaran. Pihaknya akan mendorong BUMN-BUMN besar untuk ikut menyukseskan pengembangan dan produksi Amdes.

"Amdes ini kan karya anak bangsa, manfaatnya juga besar sekali. Saya kira bisa dikerjasamakan dengan BUMN-BUMN. Di BUMN kan ada CSR. CSR tersebut bisa disalurkan untuk pengembangan dan produksi Amdes ini," tutur politisi senior Partai Golkar itu.

Dito pun memuji Airlangga yang konsisten mendorong pengembangan dan produksi Amdes. Kata dia, hal tersebut menunjukkan komitmen tinggi Airlangga dalam pengembangan industri mobil dalam negeri dan pembangunan dunia pertanian. Makanya, dia juga berkomitmen akan terus membantu kerja Airlangga.

"Program-program yang bagus dari pemerintah ya harus kita dukung. Amdes ini akan sangat berguna bagi masyarakat desa dan petani. Amdes juga bisa memajukan IKM (industri kecil menengah) kita," tandas Dito dalam keterangannya, Sabtu (4/8). [ida]

Komentar Pembaca
Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00