Kapolri: Yang Bakar Lahan Tangkap!

Hukum  JUM'AT, 03 AGUSTUS 2018 , 20:20:00 WIB | LAPORAN: SUHARDI

Kapolri: Yang Bakar Lahan Tangkap!

Kapolri dan Panglima TNI saat Apel Siaga Karhutla

 RMOLSumsel. Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menginstruksikan kepada Kapolda dan Kapolres di wilayah Sumatera Selatan menindak tegas pelaku pembakaran hutan dan lahan.

"Saya perintahkan Kapolda dan Kapolres tangkap yang bakar lahan. Proses," tegas Kapolri pada Apel Komando Operasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dalam rangka pengamanan Asian Games di Griya Agung, Palembang, Jumat.(3/8).

Menurut Kapolri,  pihaknya telah melakukan upaya preventif dan kuratif dalam pencegahan karhutla, agar pelaksanaan Asian Games khusunya di Palembang tidak terganggu ancaman kabut asap.

Sejauh ini, kata Kapolri,  pihaknya telah menangkap 2 pelaku pembakaran hutan dan lahan.

"Dua orang sudah ditangkap dan diproses. Tapi untuk masyarakat yang belum tahu, kita terus lakukan sosialisasi agar tidak membakar lahan," ungkapnya.

Telah diturunkan tim dari Mabes Polri untuk memonitor langsung kondisi karhutla di Sumsel. Menurut Kapolri,  sukses tidaknya pelaksanaan Asian Games bukan hanya tanggung jawab pemerintah daerah dan pemerintah pusat,  namun merupakan tanggung jawab bangsa.

"Asian Games ini bukan hanya urusan pemerintah daerah, tapi bangsa. Citra bangsa dipertaruhkan, semua komponen bangsa harus bersatu. Kita harap semua pihak berkerjasama, siapapun yang tidak mendukung berarti pengkhianat," tandasnya.

Melihat paparan yang disampaikan Satgas Karhutla di Sumsel dan pihak BPBD, BMKG dan yang lainnya tentang upaya dan kesiapan penanganan bahaya karhutla, Kapolri optimis Asian Games di Palembang berjalan lancar tanpa ada hambatan dari bahaya kabut asap.

Sementara itu Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengungkapkan pihaknya telah menerjunkan 200 personel TNI dibantu 200 personel kepolisian untuk mencegah terjadinya karhutla di wilayah Sumsel.

"Personel ini telah disebar di 55 desa yang rawan ancaman karhutla. Mereka tidak pulang, tapi tidur di rumah-rumah warga untuk memonitor langsung jika ada bahaya karhutla," tukasnya. [ida]

Komentar Pembaca
Pidato Game Of Thrones Isyarat Main Dua Kaki

Pidato Game Of Thrones Isyarat Main Dua Kaki

SENIN, 15 OKTOBER 2018 , 21:00:00

Andi Arief Mencambuk Prabowo

Andi Arief Mencambuk Prabowo

SENIN, 15 OKTOBER 2018 , 15:00:00

Golkar: PKS Pakai Segala Cara

Golkar: PKS Pakai Segala Cara

SENIN, 15 OKTOBER 2018 , 13:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00