Dua Penjahat Ditembak, Satu Tewas

Laporan : Edwinsyah Satria

Kriminal  KAMIS, 02 AGUSTUS 2018 , 19:54:00 WIB

Dua Penjahat Ditembak, Satu Tewas

rmolsumsel

RMOLSumsel. Jajaran Polres Muara Enim tidak memberi tempat dan ruang bagi siapa saja pelaku kejahatan yang meresahkan masyarakat Kabupaten Muara Enim dan PALI. Terbukti tim gabungan terdiri dari tim Rajawali Satreskrim Polres Muara Enim dan Reskrim Polsek Tanjung Agung,  berhasil membekuk 3 dari 4 penjahat spesialis pencurian batre tower provider seluler, Kamis (2/8)  sekitar pukul 02.30 WIB dinihari.

Pelaku ditangkap petugas gabungan ketika berada di Jalan Lingkar Jembatan Enim III, Desa Karang Raja, Kecamatan Kota Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, setelah sebelumnya sempat terlibat aksi kejar kejaran.  Dengan tewasnya satu pelaku, maka dalam satu bulan ini sudah 3 penjahat yang meresahkan masyarakat Kabupaten Muara Enim dan PALI tewas ditembak petugas

Dalam aksi pengrebekan itu, pelaku yang tewas ditembak petugas.  diketahui bernama  Basri (43), warga Dusun Lingga, Kecamatan Lawang Kidul, Muara Enim. Pelaku yang merupakan residivis mengalami luka tembak tepat pada bagian dadan dan tewas ketika dalam perjalanan hendak dibawa ke RSU dr HM Rabain Muara Enim.

Pelaku ditembak petugas karena saat hendak ditangkap melakukan perlawanan dengan menyerang petugas menggunakan senjata tajam jenis pisau.  

Kemudian Solkoderi alias Sol  (37), warga Desa Tegal Rejo, Kecamatan Lawang Kidul, Muara Enim. Pelaku ditembak tepat mengenai bagian kakinya karena sempat melarikan diri ketika hendak ditangkap petugas.

Selanjutnya, Samsul Bahri Alias Bahrit (45), warga Desa Tanjung Karangan, Kecamatan Tanjung Agung, Muara Enim yang berhasil ditangkap petugas tanpa melakukan perlawanan meski sempat melarikan diri yang merupakan residivis.              
Sedangkan satu pelaku lagi bernama Adi (40), warga Desa Karang Raja, Kecamatan Kota Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, berhasil meloloskan diri dari sergapan petugas. Saat ini pelaku dinyatakan sebagai DPO dan masih dalam pengejaran petugas.

Selain mengamankan tiga pelaku, petugas juga berhasil mengamankan barang bukti berupa 1 unit mobil Daihatsu Xenia tanpa nomor polisi yang digunakan pelaku dalam melakukan aksinya. Kemudian 5 unit batre tower milik provider Telkomsel, 2 bilah pisau yang sempat digunakan untuk menyerang petugas dan 4 unit sepeda motor yang telah sempat dijual pelaku.

Pelaku yang tewas, usai dilakukan pemeriksaan di kamar mayat RSU dr HM Rabain Muara Enim langsung diserahkan kepada keluarganya untuk disemayamkan. Sedangkan dua pelaku lainnya telah diamankan petugas di Mapolres Muara Enim untuk menjalani pemeriksaan.

Kapolres Muara Enim, AKBP Afner Juwono didampingi Wakapolres, Kompol Ari Sudrajat, Kabag Ops, Kompol Indra AndetaKasat,  Reskrim  Willian Herbensa dan Kanit Pidum, Iptu Rusli pada awak media mengatakan, bahwa pihaknya tidak akan memberi ruang dan tempat bagi setiap pelaku kejahatan di Kabupaten Muara Enim dan PALI.

Ini tindakan tegas yang lakukan bagi setiap pelaku kejahatan di wilayah Kabupaten Muara Enim dan PALI. Tidakan tegas dan terukur ini karena kita ingin pelaksanaan Asian Games benar benar aman tanda ada pelaku kejahatan,” tegasnya.

Menurutnya pelaku merupakan residivis dan sering melakukan pencurian batre tower milik provider telepon seluler. Setidaknya ada 10 laporan polisi yang diterima Polres Muara Enim dan para pemilik tower provider seluler yang mengalami kehilangan batre.

Harga batre tower yang dicuri tersebut cukup mahal, mencapai Rp 35-50 juta/buah jika dijual. Sedangkan harga belinya bisa mencapai Rp 100 juta/buah. Selain melakukan pencurian batre tower, pelaku juga DPO Polres Muara Enim yang terlibat aksi pencurian sepeda motor.

Dijelaskannya penangkapan para pelaku, menindak lanjuti dari laporan polisi yang disampaikan para provider yang mengalami kehilangan batre towernya. Pada malam penangkapan tersebut, pelaku tengah melakukan aksi pencurian batre tower milik provider seluler XL berlokasi di Desa Tanjung Agung, Kecamatan Tanjung Agung.

Petugas gabungan dipimpin Iptu Rusli,  mendapatkan informasi bahwa ke 4 pelaku tengah melakukan aksinya pencurian batre tower milik proviser XL di Tanjung Agung. Lantas tim membuat dua kelompok. Satu tim melakukan pengintaian terhadap pelaku yang melakukan aksinya.

Setelah berhasil mencuri batre tersebut, pelaku membawa hasil curiannya dengan mengendarai mobil Daihatsu xenia berjalan menuju Muara Enim. Satu tim terus membuntuti mobil pelaku yang berjalan menuju Muara Enim. Sedangkan satu tim lagi melakukan penghadangan di jalan lintas dekat jembatan enim 3 Desa Karang Raja, Kota Muara Enim.

Lantas mobil yang dikendarai pelaku yang sudah diketahui ciri cirinya oleh petugas ini, melintas jalan linkar Jembatan Enim III Desa Karang Raja. Pada saat itu petugas melakukan pengejaran. Sehingga antara petugas dan mobil yang dikendarai pelaku sempat terlibat aksi kejar kejaran, hingga akhirnya petugas  berhasil menghentikan  pelaku.

Ketika hendak meringkus para pelaku, tiba tiba pelaku Basrin (40), melakukan perlawanan dengan menyerang petugas menggunakan sebilah senjata tajam jenis pisau. Dengan gerak cepat petugas mengambil tindakan tegas dan terukur dengan menembak bagian dada pelaku.

Sementara 3 pelaku lainnya berhasil melarikan diri. Beruntung petugas melakukan gerak cepat dan berhasil membekuk kedua pelaku lainnya. Pada saat hendak dibekuk, pelaku bernama Solkoderi alias Sol (37), berupaya melawan petugas hingga akhirnya dilumpuhkan dengan menembak kakinya.  Sedangkan satu pelaku lagi bernama Adi (40), berhasil melarikan diri menghindari kejaran petugas.

Ketika pelaku bersama barang buktinya langsung diamankan. Sedangkan pelaku Basrin (40) yang tewas dan Solkoderi alias Sol (37), dibwa ke RSU dr Hm Rabain Muara Enim untuk dilakukan tindakan medis. [rhd]



Komentar Pembaca
Pidato Game Of Thrones Isyarat Main Dua Kaki

Pidato Game Of Thrones Isyarat Main Dua Kaki

SENIN, 15 OKTOBER 2018 , 21:00:00

Andi Arief Mencambuk Prabowo

Andi Arief Mencambuk Prabowo

SENIN, 15 OKTOBER 2018 , 15:00:00

Golkar: PKS Pakai Segala Cara

Golkar: PKS Pakai Segala Cara

SENIN, 15 OKTOBER 2018 , 13:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00