Bus Air Senilai Rp 2,2 Mr Berlayar Di Sungai Musi

Ragam  RABU, 01 AGUSTUS 2018 , 13:58:00 WIB | LAPORAN: SUHARDI

Bus Air Senilai Rp 2,2 Mr Berlayar Di Sungai Musi

RMOLSumsel

RMOLSumsel. Lima Bus Air masing-masing senilai Rp 2,2 miliar berlayar di perairan Sungai Musi. Kelima bus air ini merupakan pemberian dari Kementrian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Serahterima dilakukan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi kepada pemerintah provinsi Sumsel, pemerintah kota Palembang, dan pemerintah daerah Banyuasin, di Benteng Kuto Besak, Palembang, Rabu (1/7).

Rinciannya, Pemerintah Palembang mendapat jatah 3 unit bus air, pemerintah Sumsel dan Pemerintah Daerah Banyuasin masing-masing 1 unit.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, mengatakan pemberian bus air atau kapal ini merupakan upaya dari Presiden RI Joko Widodo yang ingin mengkoneksikan daerah dengan daerah lainnya.

Namun pada momentum Asian Games ini, bus air akan dimanfaatkan untuk kepentingan menyangkut Asian Games di Palembang.

"Kapal-kapal ini juga akan melengkapi keindahan Sungai Musi," ujar Menhub.

Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setyadi mengatakan, bus air yang baru diserahterimakan merupakan produk dalam negeri di produksi di Batam dengan harga senilai Rp2,2 miliar.

"Bus air ini mahal. Harganya Rp 2,2 miliar, karena memang spesifikasinya tinggi dilengkapi dengan fasilitas dan mengutamakan keselamatan penumpang," jelas Budi Setyadi.

Menurutnya, bus air dengan ukuran panjang 12 meter lebar 3 meter itu mampu menampung 20 orang.

"Saat ini bus air fokus untuk Asian Games, setelah itu akan jadi kapal wisata dan kapal pengangkut penumpang dari Banyuasin. Tarifnya belum ditentukan, tapi bisa saja dari Banyuasin itu Rp 100 ribu," tukasnya. [rhd]

Komentar Pembaca
Hermanto Wijaya Mualaf

Hermanto Wijaya Mualaf

JUM'AT, 03 MEI 2019 , 14:45:00

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

Usai Ricuh, Pasar Tanah Abang Kembali Ramai

MINGGU, 26 MEI 2019 , 14:34:00

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SBY Ziara Kemakam Ani Yudhoyono

SENIN, 10 JUNI 2019 , 14:31:00