Asian Games, Museum Turut Pamerkan Sejarah Olahraga

Politik  SELASA, 31 JULI 2018 , 13:50:00 WIB | LAPORAN: SUHARDI

Asian Games, Museum Turut Pamerkan Sejarah Olahraga

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Dalam rangka menyemarakkan perhelatan Asian Games ke XVIII, seluruh UPT Museum di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan kegiatan pameran bersama dengan tema ”Olahraga dari masa ke masa sebagai penguat karakter bangsa”. Pameran salah satunya berlangsung di Museum Balaputra Dewa, Palembang pada 31 Juli-30 Agustus mendatang.

Selain Museum Balaputra Dewa, peserta pameran yaitu, Direktorat PCBM, Direktorat Kesenian, Museum Nasional Indonesia, Museum Kebangkitan Nasional, Museum Kepresidenan RI Balai Kiru, Museum Naskah Proklamasi, Museum Sumpah Pemuda, Museum Basoeki Abdulah dan Museum Pahlawan Nasional A.K Gani.

Dalam pelaksanaannya, pameran lebih banyak menampilkan informasi perjalanan sejarah keolahragaan di Indonesia dari masa pra sejarah, masa sejarah, kolonial, revolusi hingga masa reformasi dengan tujuan penguatan pendidikan karakter bangsa serta menumbuhkan gagasan dan ide para generasi muda untuk memajukan bidang olahraga tanah air sehingga dapat mengharumkan nama bangsa dan negata Indonesia di kancah Internasional.

Kepala Museum Nasional, Siswanto mengatakan, dari pameran museum pengunjung  dapat melihat perkembangan olahraga dari masa ke masa dengan tujuan olahraga yang pada mulanya digunakan untuk mempertahankan diri dari lingkungan dan keganasan alam, sesuai dengan jamannya berkembang menjadi olahraga sebagai hiburan hingga kemudian olahraga berkembang tujuan menjadi kompetisi. Berbagai perkembangan olahraga dari olahraga tradisional hingga olahraga modern tersaji dalam pameran ini.

Dia menjelaskan, pada masa Presiden Sukarno olahraga digunakan untuk mempersatukan bangsa. Pada masa Soeharto olah raga digunakan untuk meningkatkan prestise Bangsa Indonesia di mata dunia.

Diharapkan olahraga dapat memupuk rasa nasionalisme melalui kegiatan positif. Harapan ke depan ajang ini menjadi salah satu alat pemersatu bangsa, dan yang terpenting menumbuh kembangkan olahraga di tanah air,” ujar Siswanto.

Lebih lanjut dia mengatakan, berkaca dari perhelatan Piala Dunia yang belum lama usai, wisatawan dan yang datang ke Rusia tak hanya melihat pertandingan sepak bola, namun juga banyak mengunjungi tempat-tempat bersejarah salah satunya Museum. Nah melihat kondisi itu, pihaknya berharap perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang menjadi momentum kunjungan ke museum meningkat.

Di Museum Balaputra Dewa, misalnya tak hanya menampilkan koleksi benda-benda bersejarah, namun juga menyuguhkan sejarah Asian Games dan hal-hal yang berkaitan dengan Asian Games 2018.

Kami juga menggunakan media sosial untuk menarik pengunjung untuk datang ke Museum, Bahkan telah ada aplikasi Museum Nasional yang bisa didownload, disitu masyarakat bisa melihat koleksi museum di Indonesia,” tandasnya.[sri]
 

Komentar Pembaca
Fahri Menduga-duga Alasan Presiden Setujui Revisi
Terbukti Revisi Perkuat KPK, Menkumham Lega..
Revisi UU KPK Disahkan!

Revisi UU KPK Disahkan!

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019

KPK Garap Anak Buah Mendag

KPK Garap Anak Buah Mendag

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019

Karhutla, Visi SDM Unggul Jokowi Cuma Mimpi
RUU KPK Tinggal Disahkan di Paripurna

RUU KPK Tinggal Disahkan di Paripurna

SELASA, 17 SEPTEMBER 2019

Wong Sumsel Jadi Senator..

Wong Sumsel Jadi Senator..

KAMIS, 25 JULI 2019 , 18:01:00

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

Minta Hujan, Ribuan Jamaah Sholat Istisqo

SELASA, 27 AGUSTUS 2019 , 09:15:00

TNI Pati Naik Pangkat

TNI Pati Naik Pangkat

SELASA, 23 JULI 2019 , 07:37:00