Lakukan Pencegahan, Kejari Palembang Selamatkan 321 Juta Dana TPG

Hukum  KAMIS, 26 JULI 2018 , 22:58:00 WIB | LAPORAN: YOSEP INDRA PRAJA

Lakukan Pencegahan, Kejari Palembang Selamatkan 321 Juta Dana TPG
RMOLSumsel. Kejaksaan Negeri (Kejari)  Bidang Pidana Khusus (Pidsus) Palembang berhasil menyelamatkan atau memulihkan uang negara dari hasil pencegahan penyimpangan tindak pidana korupsi.

Kepala Seksi Pidana khusus (Kasipidsus) Kejari Palembang Andi SH menerangkan,  dari hasil penyelidikan oleh Bidang Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Palembang pada dugaan tindak pidana korupsi pada Pembayaran Dana Tunjangan Profesi Guru (TPG) PNS Daerah Tahun Anggaran 2016 pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Palembang Tahun Anggaran 2016.

"Kita berhasil mengembalikan Kerugian Negara sebesar Rp. 321.168.455, (tiga ratus dua puluh satu juta seratus enam puluh delapan ribu empat ratus lima puluh lima rupiah," ujarnya.

Penyelamatan uang negara tersebut sudah merupakan tugas pokok dan fungsi dan pencegahan juga sudah mereka lakukan. Nantinya uang tersebut akan masuk kas negara sebagai pemasukan bukan pajak. Uang tersebut bersumber dari pengembalian hasil korupsi dan pengembalian dari sejumlah pihak.

Selain itu,  tambahnya, peran sentral atau peran pokok Kejaksaan sendiri dalam melakukan penanganan tindak pidana korupsi dilakukan sejak tahap penyelidikan, penyidikan, penuntutan, dan eksekusi.


"Artinya dengan pencegahan dan telah mengembalikan kerugian negara maka kasus ini selesai dan tidak sampai disidangkan. Karena, selain upaya penindakan, kejaksaan juga melakukan berbagai upaya untuk melakukan pencegahan. Itu pokok-pokok penanganan kegiatan pemberantasan korupsi yang dilakukan oleh Kejaksaan,"terangnya. [yip]

Komentar Pembaca
Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00