Dua Bule Amerika Ikut Gotong Royong

PEMKOT PALEMBANG  MINGGU, 22 JULI 2018 , 20:24:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Dua Bule Amerika Ikut Gotong Royong

rmolsumsel

RMOLSumsel. Tidak hanya sebagai ajang silaturahmi dan menjaga kebersihan, gotong royong merupakan salah satu kearifan lokal Indonesia yang mulai memudar. Namun hal itu saat ini mulai kembali dibangkitkan oleh Walikota Palembang H. Harnojoyo saat aktif memimpin Kota Palembang.

Bahkan, hal itu kini dituangkan dalam sebuah Peraturan Walikota, yang mewajibkan setiap Kecamatan di Kota Palembang aktif dalam melaksanakan kegiatan gotong royong untuk membersihkan lingkungan dan sungai.

Dimulao sejak 2014 lalu, kini gotong royong di Palembang kini menjadi sebuah tradisi yang mulai kembali diaktifkan masyarakat bersama seluruh unsur Pemerintahan.

Meski tidak dihadiri Harnojoyo dan Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda, kegiatan gotong royong tetap aktif dilaksanakan.

Seperti hari ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Minggu (22/7/2018) pagi, melakukan gotong royong membersihkan saluran air anak Sungai Musi Sungai Lebung Gait Kelurahan Pipa Reja Kecamatan Kemuning.

Hal itupun memancing dua Warga Negara Asing (WNA) Bonnie Butler Howard dan Pamela Joan Opolsky asal United State Of America (USA) yang turut ambil bagian membersihkan anak sungai itu.

Bahkan dua turis yang sengaja berkunjung dalam rangka Teacher For Global Classroom (TGC) Program ini, terlihat tidak sungkan sungkan menangkut sampah dan membabat rumput yang tumbuh subur menutupi pinggiran sungai.


"Ini menarik, pemerintah menunjukkan kebersamaannya dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat ini. Saya sangat-sangat mengapresiasinya," ucap Bonnie dalam bahasa Inggris usai diterjemahkan.

Senada, salah satu rekannya asal Michigan, USA yang bernama Pamela Joan Opolsky mengatakan, sangat tertarik dengan apa yang ia lihat ini. Sebab tidak semua daerah ada program yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

"Ini sangat hebat, pelayanan terhadap masyarakat sangat terasa," singkatnya.

Sementara itu, Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Pemkot Palembang, Sulaiman Amin menerangkan, setiap akhir pecan Pemkot Palembang memang mengadakan kegiatan gotong royong yang disertakan dengan pelayanan masyarakat.

"Serentak di 107 kelurahan di Kota Palembang kita adakan gotong royong tiap akhir pecan. Semoga dengan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih menjaga lingkungan," pungkasnya. [rhd]

[

Komentar Pembaca
BENANG MERAH (EPS.159): Anies Terlalu Lama Sendiri
Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 15:00:00

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00