MEMBENDUNG ARUS HOAX

WhatsApp Segera Kurangi Pesan yang Dapat Diteruskan...

Budaya  MINGGU, 22 JULI 2018 , 12:17:00 WIB | LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

WhatsApp Segera Kurangi Pesan yang Dapat Diteruskan...
RMOLSumsel. Untuk mencegah terjadi lagi pembunuhan akibat pesan di grup, WhatsApp akan membatasi jumlah pesan yang dapat diteruskan terutama di India. Sebab tahun ini saja sedikitnya 18 orang tewas akibat pengeroyokan dipicu pesan WhatsApp.

Kamis (19/07) Pemerintah India mengingatkan, WhatsApp dapat diproses secara hukum jika tetap menjadi "penonton bisu".  Dengan lebih 200 juta pemakai, India adalah pasar terbesar WhatsApp.

WhatsApp menyatakan penggunanya di India meneruskan lebih banyak pesan, foto, dan video, dibandingkan negara-negara lain.

Kelompok di WhatsApp dapat menampung sampai 256 orang. Kebanyakan dari pesan yang diduga memicu kekerasan diteruskan ke beberapa kelompok yang anggotanya dapat mencapai lebih 100 orang.

Lewat sebuah blog yang diterbitkan di situs internetnya, WhatsApp menyatakan telah meluncurkan uji coba untuk membatasi penerusan pesan yang dapat diterapkan ke semua orang pengguna WhatsApp. Khusus untuk India, aturannya dibuat lebih ketat lagi.

"Meskipun demikian, ini tidak akan menghentikan anggota lain dari kelompok yang meneruskan pesan untuk memiliki lima chats-nya sendiri," kata Jurubicara Whatsapp seperti diberitakan Kantor Berita BBCNewsIndonesia, Ahad (22/7).

WhatsApp akan mencabut "tombol penerusan dengan cepat" di sebelah pesan berisi foto dan video. Perubahan ini dilakukan setelah terjadinya serangkaian pembunuhan beramai-ramai yang menewaskan 18 orang di India sejak bulan April 2018. Sejumlah laporan menyebutkan jumlah korban meninggal sebenarnya jauh lebih besar lagi.

Kekerasan diduga terjadi karena desas-desus pencurian anak, menyebar lewat WhatsApp, yang menyebabkan orang menyerang pihak-pihak yang tidak dikenal. Polisi mengatakan sulit untuk meyakinkan orang bahwa pesan tersebut adalah palsu.

Aplikasi pesan adalah satu-satunya layanan berbasis internet terbesar bagi penduduk India. Jangkauan yang sangat luas memungkinkan pesan menyebar dengan cepat, sehingga memungkinkan kerumunan berkumpul dengan cepat. [ida]

Komentar Pembaca
Jangan Pilih Pemimpin Munafiqun

Jangan Pilih Pemimpin Munafiqun

SABTU, 18 AGUSTUS 2018 , 17:00:00

Rachmawati: Vivere Pericoloso

Rachmawati: Vivere Pericoloso

JUM'AT, 17 AGUSTUS 2018 , 17:00:00

#VLOGNEWS: Upacara di UBK, Prabowo Dapat Star of Soekarno
Tolak Hasil Pilkada

Tolak Hasil Pilkada

KAMIS, 28 JUNI 2018 , 22:45:00

Berikan Pernyataan Perdana

Berikan Pernyataan Perdana

RABU, 27 JUNI 2018 , 23:22:00

Massa Minta PSU Pilgub Sumsel 2018

Massa Minta PSU Pilgub Sumsel 2018

JUM'AT, 06 JULI 2018 , 18:37:00