Senangnya...Buruh Angkut Ini Bisa Berhaji

Ragam  MINGGU, 22 JULI 2018 , 11:37:00 WIB

Senangnya...Buruh Angkut Ini Bisa Berhaji
 RMOLSumsel. Pasangan suami-istri Matoyin dan Muniroh sudah terdaftar resmi di Kloter 38 Embarkasi Surabaya 2018. Kelompok terbang ini akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada 2 Agustus 2018.

Niat kuat untuk menunaikan ibadah haji menjadikan jalan terbuka bagi Matoyin dan Muniroh. Padahal secara kasat mata dipandang, pasangan ini takkan mungkin mampu berhaji. Betapa tidak? Matoyin hanyalah seorang buruh angkut di pasar.  Sedangkan Muniroh berjualan kembang makam.

Kelebihan Matoyin-Muniroh adalah rajin bekerja dan disiplin menabung. Matoyin yang jadi buruh angkut di pasar di desanya mengawali aktivitasnya setiap pagi dengan berangkat ke pasar.

"Saya menjadi buruh angkut barang-barang pedagang di sana," ujarnya seperti dikutip dari JPNN, Minggu (22/7).

Meski menjadi buruh angkut,  Matoyin memiliki hasrat besar untuk menunaikan ibadah haji beserta istrinya. Langkah ini sudah mereka niati puluhan tahun lalu. Bahkan sejak mereka masih sama-sama lajang.

Kendati sadar dirinya hanya buruh angkut, Matoyin tak pernah berhenti berkeinginan menunanikan ibadah haji. Begitu pun Muniroh. Dari jerih payah berjualan kembang dan hasil kerja suaminya, ia bisa menabung.

Upah menjadi buruh angkut tidaklah besar. Untuk setiap sekali angkut,  Matoyin diupah  3 ribu rupiah saja. Namun jika beruntung, maka sehari bisa membawa pulang uang yang lumayan.

"Dari hasil menjadi buruh ini, saya bersama istri menyisakannya untuk biaya berhaji selama puluhan tahun, setelah dipotong untuk kebutuhan sehari hari," tutur Matoyin.

Niat berhaji ini mereka buktikan dengan mendaftarkan diri pada tahun 2010. dalam kurun waktu 8 tahun mereka sanggup melunasi biaya haji. Tentunya dari hasil jerih payah menjadi buruh angkut serta berjualan kembang makam.

"Dengan kerja keras selama ini enggak menyangka, semua dimudahkan saat mendaftar dan mengumpulkan dana naik haji," tutur Muniroh terharu.

Keduanya masuk di Kloter 48 dan akan berangkat pada 2 Agustus mendatang. Pasutri ini juga tetap menjalankan aktivitas seperti sediakala hingga saat keberangkatan nanti. Keduanya berharap kesehatan tetap terjaga hingga di Tanah Suci. [ida]

Komentar Pembaca
BENANG MERAH (EPS.159): Anies Terlalu Lama Sendiri
Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 15:00:00

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00