Kurang Sosialiasi Cagar Budaya di Palembang Terancam Hilang

Budaya  JUM'AT, 13 JULI 2018 , 20:15:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Kurang Sosialiasi Cagar Budaya di Palembang Terancam Hilang

Net

RMOLSumsel. Minimnya pengetahuan masyarakat serta kurangnya sosialisasi Pemerintah terhadap cagar budaya, membuatnya rawan diperjualbelikan. Karena masih banyak yang belum paham terhadap potensi dari keberadaan situs-situs bersejarah terhadap Kota Palembang.

Melalui sosialisasi terkait keberadaan cagar dan situs budaya di Kota Palembang, Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah (Setda) Kota Palembang, Agus Kelana menyampaikan, lebih dari 300 an cagar budaya di Kota Palembang belum terdaftar.

Hal itu dapat dilihat dari jumlah cagar budaya yang terdaftar sebanyak 315 situs yang ada di Palembang pada kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang kemarin.

"Alhamdulillah 315 cagar budaya di Palembang dan Sumatera Selatan (Sumsel) telah terdaftar," ungkapnya.

Agus menyampaikan, masih banyak cagar budaya yang belum terdaftar, karena memang Pemerintah masih fokus dengan situs yang memiliki nilai sejarah tinggi dan ilmu pendidikan.

"Meski begitu, kami tidak menutup diri bagi jika warga mau melaporkan cagar budaya melalui dinas Kebudayaan. Jangan sampai nilai sejarah Kota Palembang hilang," terangnya.

Melalui kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan, Pemkot Palembang terus melakukan berbagai penelitian dengan melibatkan arkeolog.

"Kami akan terus melakukan sosialisasi dan penelitian. Kami juga berharap masyarakat Kota Palembang dapat menginformasikan terkait keberadaan benda atau apapun yang bernilai sejarah tinggi," tandasnya.[rik]




Komentar Pembaca
Wartawan Diselamatkan TNI

Wartawan Diselamatkan TNI

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 12:00:00

Prabowo Tenangkan Pendukung: Kekerasan Jangan Dibalas Kekerasan
Sampai Hari Raya

Sampai Hari Raya

KAMIS, 23 MEI 2019 , 10:00:00

'Lautan' Manusia di Pinggir Sungai Musi Saat Kampanye Prabowo
Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

RABU, 24 APRIL 2019 , 12:32:00

Mentan Memanggang Kopi

Mentan Memanggang Kopi

SELASA, 23 APRIL 2019 , 16:21:00