Gugatan H Rusli Dicurigai Upaya Gagalkan Caleg PAN, Ini Sikap KPU OKU

Daerah  KAMIS, 12 JULI 2018 , 18:12:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Gugatan H Rusli Dicurigai Upaya Gagalkan Caleg PAN, Ini Sikap KPU OKU

Net

RMOLSumsel. Entah apa maksud dan tujuan sesungguhnya, sehingga membuat mantan Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) melayangkan gugatan terkait Surat Pemberhentian Sementara dirinya sebagai Ketua DPD PAN OKU oleh DPW PAN Sumsel, ke Pengadilan Negeri (PN) Baturaja.

Apalagi, gugatan yang dilayangkan ke PN Baturaja kemarin itu, berbarengan dengan tahapan pendaftaran calon anggota Legislatif 2019 yang dibuka sejak 4 Juli hingga 17 Juli mendatang.

Makanya tak heran, gugatan itu menimbulkan kecurigaan, sebagai bagian dari upaya untuk menggagalkan Caleg PAN. Seperti yang diutarakan Ketua DPD PAN OKU terpilih hasil Misdalub, Mirza Gumay.

Lalu bagaimana sikap KPU setempat mengenai kemelut ini? Kepada rmolsumsel, Ketua KPU OKU, Naning Wijaya mengakui bahwa tembusan gugatan itu belum diterima pihaknya.

Meski begitu, tegas Naning, dalam hal ini pihaknya akan tetap berpatokan dengan mekanisme dan aturan yang diatur oleh PKPU No. 20 tentang Pencalonan.

"Masalah pendaftaran pencalonan caleg (termasuk dari PAN,red) kita akan tetap berpatokan dengan mekanisme dan aturan yang diatur oleh PKPU 20 tentang pencalonan," katanya.

Nah, hal-hal diluar teknis atau diluar kemampuan KPU, tentunya KPU akan mempertanyakannya baik ke DPW maupun DPP PAN secara tertulis, terkait siapa yang berhak mengajukan calon.

"Intinya kami tidak serta merta mengabaikan gugatan tersebut. Kami akan melakukan konfirmasi ke DPW PAN dan menyurati DPP PAN terkait penyampaian gugatan yang disampaikan oleh kubu Rusli, setelah tembusannya kami terima. Sekaligus menunjukkan ini lho mekanisme kami. Tapi sekarang ini belum," ujarnya.

Artinya, tahapan untuk proses pendaftaran Caleg PAN, kata Naning, tetap jalan. Karena gugatannya baru dimasukkan, dan belum ada putusan. "Ya, kalau tidak berjalan, KPU dong yang salah," imbuhnya.

Ihwal nantinya, ada putusan pengadilan di ujung perkara itu, baru pihaknya akan melaksanakan keputusannya. Termasuk jika dikembalikan ke Partainya.

"Pada akhirnya kami yakin ada kesimpulannya di akhir polemik itu. Dak mungkin partai sebesar PAN tidak bisa menyimpulkan. Makanya kami akan tanya ke KPU Provinsi dan DPW PAN.[rik]

Komentar Pembaca
Pecat Anak Buah Surya Paloh!

Pecat Anak Buah Surya Paloh!

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 19:00:00

Golkar Pecah, Sebagian Dukung Prabowo-Sandi

Golkar Pecah, Sebagian Dukung Prabowo-Sandi

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00

BENANG MERAH (EPS.156): Menanti Hasil Perburuan SBY

BENANG MERAH (EPS.156): Menanti Hasil Perburuan SBY

SABTU, 22 SEPTEMBER 2018 , 11:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Bantuan Kemanusiaan Pusri Untuk Lombok NTB

Bantuan Kemanusiaan Pusri Untuk Lombok NTB

KAMIS, 13 SEPTEMBER 2018 , 11:56:00