Nyaleg Lagi, Ada Anggota DPRD OKU Pindah Parpol

Politik  KAMIS, 12 JULI 2018 , 13:20:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

Nyaleg Lagi, Ada Anggota DPRD OKU Pindah Parpol

Net

RMOLSumsel. Pemilihan Legislatif (Pileg) di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) April 2019 mendatang, tidak hanya diikuti wajah - wajah baru. Namun 35 anggota DPRD OKU yang duduk di lembaga legislatif daerah ini sekarang juga turut "mengamankan" kursi empuk Dewan OKU.

Meski begitu, dari 35 anggota Dewan di OKU ini bisa dipastikan akan ada yang pindah partai.

"Contohnya, ada anggota dewan yang saat ini dari parpol A. Namun, pileg 2019 mendatang dia mendaftar sebagai bacaleg dari partai B," ungkap seorang sumber, Kamis (12/7).

Kendati demikian, sumber ini enggan mengungkapkan siapa - siapa anggota dewan yang dimaksud. Pasalnya, masih terlalu dini untuk diungkapkan.

"Kita tunggu saja pada saat parpol menyerahkan berkas pendaftaran bacaleg ke KPU OKU. Karena, sampai saat ini belum ada parpol yang mengajukan berkas pendaftaran bacaleg ke KPU OKU," timpalnya.

Terpisah, Ketua KPU OKU, Naning Wijaya, mengatakan, bagi anggota Dewan yang pindah parpol, H - 1 Daftar Caleg Sementara (DCS) telah mengundurkan diri yang dibuktikan dengan surat pernyataan pengunduran diri dari parpol yang lama diatas kertas bermeterai.

"Surat pengunduran diri ini disampaikan ke KPU melalui Silon yang baru," ucap Naning.

Ditambahkan Naning, H - 1 penetapan Daftar Caleg Tetap (DCT), yang bersangkutan harus menyerahkan surat pemberhentian tetap dari parpol yang lama. "Kalau anggota dewan yang pindah parpol berdampak pada PAW, itu domainnya parpol dan lembaga DPRD," ujar Naning.

Namun, lanjut Naning, ketika parpol mengajukan proses Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD OKU yang pindah partai ke KPU, barulah pihaknya memproses surat tersebut.

"Kalau parpol mengajukan surat ke KPU siapa pengganti anggota dewan tersebut, kita yang menyampaikan suara terbanyak kedua pengganti anggota dewan tersebut," pungkas Naning.[rik] 

Komentar Pembaca
Darmin Tak Sejalan Dengan Jokowi

Darmin Tak Sejalan Dengan Jokowi

RABU, 21 NOVEMBER 2018 , 15:00:00

Maroko Luncurkan Satelit Mohammed VI-B

Maroko Luncurkan Satelit Mohammed VI-B

RABU, 21 NOVEMBER 2018 , 13:00:00

Pembantaian Keluarga Nainggolan Diperagakan

Pembantaian Keluarga Nainggolan Diperagakan

SENIN, 19 NOVEMBER 2018 , 15:00:00

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

MINGGU, 28 OKTOBER 2018 , 16:56:00

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

SELASA, 06 NOVEMBER 2018 , 17:33:00

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 10:42:00