Mayoritas Wong Sumsel Ingin Jokowi Presiden 2 Periode

Politik  RABU, 11 JULI 2018 , 22:19:00 WIB

Mayoritas  Wong Sumsel Ingin Jokowi Presiden 2 Periode
RMOLSumsel. Hasil survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) memperlihatkan mayoritas rakyat Indonesia masih menginginkan Joko Widodo (Jokowi) kembali jadi Presiden RI. Di antaranya warga Sumatera Selatan (Sumsel) juga.

Demikian tersimpul dari hasil survei terbaru KedaiKOPI, yang menempatkan elektabilitas Jokowi di posisi teratas jauh meninggalkan nama-nama beken lainnya. Elektabilitas capres incumbent  ini mencapai 47,8 persen.

Survei dilakukan di 10 provinsi yaitu Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Banten, DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, Lampung,  dan Riau. Survei menggunakan sistem multiatage random sampling.

"Hasil jawaban responden dari pertanyaan terbuka, 'jika pemilihan presiden dilakukan hari ini, siapa yang anda akan pilih sebagai presiden' menempatkan Joko Widodo di urutan pertama, dipilih oleh 47,8 persen responden," ujar peneliti KedaiKOPi Kunto Adi Wibowo di Jakarta seperti diberitakan JPNN Rabu (11/7).

Urutan kedua, kata Kunto, terdapat nama Prabowo Subianto (24,4 persen), Gatot Nurmantyo (2,6 persen), Anies Baswedan (1,8 persen), Rizal Ramli (1,4 persen) dan dan SBY (0,4 persen).

"Hasil survei menunjukkan elektabilitas Pak Jokowi masih dominan dibandingkan tokoh nasional lainnya, apalagi didukung dengan kepuasan publik terhadap pemerintahan Jokowi yang berada di angka 68 persen," ucapnya.

Kunto menambahkan bahwa peluang tokoh nasional lainnya masih terbuka untuk menantang Presiden Joko Widodo di Pilpres 2019. Karena menurut hasil survei teranyar KedaiKOPI, baru 39,1 persen pemilih yang menentukan pilihan mereka.

"Jadi masih ada 26,9 persen responden menyatakan baru menentukan pilihan pada waktu kampanye pilpres, dan 32,9 persen akan memutuskan pada hari tenang atau ketika di bilik suara," katanya.

Jumlah responden 1.148 orang dengan margin of error 2,89 persen pada interval kepercayaan 95 persen. Survei didanai oleh dana internal Lembaga Survei KedaiKOPI. [ida]

Komentar Pembaca
Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

KAMIS, 14 JUNI 2018 , 23:33:00

Tolak Hasil Pilkada

Tolak Hasil Pilkada

KAMIS, 28 JUNI 2018 , 22:45:00

Berikan Pernyataan Perdana

Berikan Pernyataan Perdana

RABU, 27 JUNI 2018 , 23:22:00