Pelantikan Kepala Daerah Tunggu Keputusan MK

Politik  RABU, 11 JULI 2018 , 08:06:00 WIB

Pelantikan Kepala Daerah Tunggu Keputusan MK

net

RMOLSumsel. Hingga saat ini hasil sejumlah pemilihan kepala daerah (pilkada) masih belum final. Pemenang pilkada di sejumlah daerah tidak bisa diputuskan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sebab, sedikitnya sudah ada 25 pengaduan yang masuk ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Tidak bisa diputuskan sekarang bagaimana hasilnya karena per Senin kemarin sudah 25 pengaduan ke MK,” kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo di gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Karena itu, menurut Tjahjo, Kemendagri yang bertugas menyiapkan pelantikan kepala daerah di 171 daerah hasil pilkada serentak 2018 kemarin, belum bisa memastikan kapan waktu pelaksanaannya.

Sebab, Kemendagri harus menunggu putusan MK terkait sejumlah daerah yang bersengketa di MK. Menunggu keputusan MK secara final,” ujarnya.

Secara umum,  Tjahjo mengapresiasi kerja Komisi Pemilihan Umum (KPU), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), maupun Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), sebagai penyelenggara pemilu yang independen.

Meskipun, kata dia, sejak 2015 sampai 2018, pilkada serentak di Indonesia selalu berjalan dalam dinamika yang tinggi.

(Pilkada) aroma pileg dan pilpres, tapi secara profesional KPU lakukan dengan baik,” jelas Tjahjo seperti diberitakan JPNN.

Mantan sekretaris jenderal (sekjen) PDI Perjuangan itu juga mengapresiasi Polri, BIN dan TNI yang terus menerus mengamankan dan mendeteksi setiap wilayah hingga kecamatan sehingga pemilu berjalan lancar.

Sehingga  pilkada aroma pileg dan pilpres ini hanya mencatat dua daerah saja yang ditunda yaitu Nduga dan Paniai,” katanya.  

Ketua Komisi II DPR Zainudin Amali mengatakan secara umum pilkada serentak 2018 tidak ada masalah yang besar. Namun, kata dia, jika ada satu dua persoalan, itu tetap menjadi bahan untuk perbaikan ke depan.

Di 171 daerah secara umum selesai lancar, dan ada di beberapa tempat itu masih berproses. Tapi, menurut saya, jangan dikatakan pilkada itu gagal karena saya berpandangan pilkada di 171 daerah lancar,” kata Amali di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (10/7).  [rhd]

Komentar Pembaca
Metafora Negatif Kubu Petahana

Metafora Negatif Kubu Petahana

SENIN, 12 NOVEMBER 2018 , 17:00:00

Jokowi Blusukan Bandingkan Harga Komoditas Pangan

Jokowi Blusukan Bandingkan Harga Komoditas Pangan

SENIN, 12 NOVEMBER 2018 , 14:00:00

#PolitisiOnTheRoad: Priyo, Berkarya, Soeharto dan Prabowo
Rekor Meriam Bambu Terbanyak

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

MINGGU, 28 OKTOBER 2018 , 16:56:00

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

SELASA, 06 NOVEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00