Kesbangpol Palembang Usulkan Kenaikan Bantuan Parpol

Sosial  SELASA, 10 JULI 2018 , 20:19:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Kesbangpol Palembang Usulkan Kenaikan Bantuan Parpol

net

RMOLSumsel. Untuk meningkatkan kualitas dari setiap kader partai, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) mengajukan usulan kenaikan bantuan partai politik (Parpol) yang akan digunakan untuk pengembangan pendidikan perpolitikan bagi anggota partai/ masyarakat dan operasional partai.

Plh Kesbangpol Provinsi Sumatera Selatan (sumsel), Fitriana mengatakan, ada usulan berupa penambahan bantuan partai
naik jadi Rp4.468 per suara sah dari sebelum nya sesuai dengan ketentuan Rp1.500 per suara sah.

Namun, Kesbangpol Kota Palembang harus memenuhi 3 syarat utama sesuai aturan.

"Meski peningkatan anggaran diusulkan atas dasar, agar pengelolaan partai lebih leluasa, terutama  pendidikan politik dan operasional partai, tetap saja ada syaray dan ketentuan salah satunya berlebihnya keuangan daerah serta persetujuan dari Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel)," terangnya.

Terkait kemampuan keuangan daerah, hal utama yang harus diutamakan adalah, tidak mengabaikan pembangunan yang menjadi prioritas suatu daerah.

Dimana, Fitriana mengatakan daerah harus pada Kondisi kemampuan keuangan yang baik, dibuktikan dengan melampirkan keterangan dari BPKAD, kedua  Nilai per suara bantuan anggaran  sebelumnya dan terkahir Indeks kemahalan yang mana syarat nya di angka 54, 1 yang bisa diminta data nya melalui BPS.

"Yang pasti kenaikan bantuan yang ajukan tidak menganggu prioritas pembangunan di kota Palembang. Maka dari itu, syarat ini mutlak terpenuhi," imbuhnya.

Dari laporan yang disampaikan Kepala Badan Kesbangpol Palembang, Altur Fitriansyah dalam sambutannya menyampaikan, bantuan keuangan parpol di kota Palembang untuk 2017, sebenarnya sudah melampui dari ketentuan, yang mana Rp1.500 per suara sah, melampui dengan pemberian bantuan keuangan dari pemkot menjadi Rp1.681 per suara sah.

"Ini sebenarnya memang tak melanggar aturan, meski melebihi ketentuan karena dalam aturan juga di sebutkan pengecualian ini di UU nomor 36 tahun 2018, dengan catatan keuangan daerah dalam keadaan baik," jelasnya.

Sementara itu, Auditorium Inspektorar Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Yudi Panca Kusuma, menerangkan, terkait rencana usulan penambahan bantuan parpol, saat ini inspektorat sedang pada tahapan penyusunan laporan.

"Meski hasio audit terhadap dana bantuan parpol bisa dibilang cukup baik, tetap saja ada catatan terkait temuan yang bersifar prinsip terkait keuanyan parpol tidak sesuai perintukkan," tuturnya.[rhd]

Komentar Pembaca
Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

KAMIS, 14 JUNI 2018 , 23:33:00

Tolak Hasil Pilkada

Tolak Hasil Pilkada

KAMIS, 28 JUNI 2018 , 22:45:00

Berikan Pernyataan Perdana

Berikan Pernyataan Perdana

RABU, 27 JUNI 2018 , 23:22:00