Matt Berkunjung ke Pondok Pesantren... Seru

Ragam  SELASA, 10 JULI 2018 , 16:16:00 WIB | LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

Matt Berkunjung ke Pondok Pesantren... Seru

Matt Damon di Pondok Pesantren/net

RMOLSumsel. Tak sekadar blusukan di desa-desa di Jawa Tengah, bintang Hollywood Matt Damon bersama Gary White berkunjung ke Pondok Pesantren Pesantren Sabillun Najah, Desa Selopanjang Barat, Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Jateng).

Begitulah! Matt damon dan Gary White sangan puas mendengar cerita warga yang mendapat sambungan saluran air bersih yang baru. Lalu ia pemeran utama serial Bourne” ini bertolak ke Pesantren Sabillun Najah.  

Diberitakan Kantor Berita VOA Indonesia, Selasa (10/7) bahwa di  Pesantren Sabillun Najah, Matt dan Gary mendapat pengalaman yang sama sekali berbeda. Lingkungan pesantren ini sangat asri.  Lebih dari itu, cerita santri-santri pesantren yang membesarkan hati keduanya. Para santri bercerita betapa gembiranya mereka karena kini tidak perlu lagi berjalan jauh hanya untuk mendapatkan air bersih.

Semua itu Berkat program WaterConnect” yang disediakan PDAM Batang bekerjasama dengan Water.org. Dengan demikian, para santri kini memiliki lebih banyak waktu untuk belajar dan bermain. Matt dan Gary sangat bahagia mendengar success story itu.

Kendati demikian, bukan Matt Damon namanya kalau dia berhenti bertanya walau sudah mendapat cerita yang sangat membesarkan hatinya. Matt Damon masih menanyakan beberapa hal pada para santri.

Saat Matt bertanya soal kebersihan dan higienitas, seorang santri menjawab anadzho fatu minal iman, kebersihan itu sebagian dari iman. Hadis Rasulullah SAW.”

Ditambahkannya bersih itu dari pakaian dan tubuh kita.” Matt Damon tersenyum simpul mendengar jawaban para santri.


Selain melihat langsung implementasi program WaterConnect, lengkap dengan ketersediaan fasilitas air bersih dan sanitasi, bintang Hollywood ini juga datang ke BPR BKK Kendal guna membahas produk pinjaman berbasis komunitas.

BPR BKK Kendal adalah program lain yang digagas Water.org untuk membantu menyediakan akses pembiayaan bagi Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) di desa untuk memperluas jaringan air bersih bagi warga yang membutuhkan, terutama mereka yang berpendapatan rendah.

Secara keseluruhan, kunjungan Matt Damon dan Gary White, dua pendiri Water.org, di Jakarta dan Jawa Tengah memberi gambaran lebih dalam tentang kondisi akses air bersih dan fasilitas sanitasi sesungguhnya di Indonesia, serta jalinan kerja sama yang dijalin dengan badan keuangan mikro, perusahaan air dan warga setempat untuk mencapai tingkat kehidupan yang lebih baik.  [ida]

Komentar Pembaca
Terduga Pembantai Keluarga Nainggolan Ditangkap

Terduga Pembantai Keluarga Nainggolan Ditangkap

KAMIS, 15 NOVEMBER 2018 , 15:00:00

Eggi: Grace Natalie Langgar Pancasila

Eggi: Grace Natalie Langgar Pancasila

KAMIS, 15 NOVEMBER 2018 , 13:00:00

Penyandang Tunanetra Sakit Hati Dengan Omongan Ma
Rekor Meriam Bambu Terbanyak

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

MINGGU, 28 OKTOBER 2018 , 16:56:00

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

SELASA, 06 NOVEMBER 2018 , 17:33:00

Aksi Solidaritas HMI Palembang

Aksi Solidaritas HMI Palembang

SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 21:58:00