Jika Tak Ada Gugatan, KPU Sumsel Segera Tetapkan Cagub Terpilih

Hukum  SENIN, 09 JULI 2018 , 15:20:00 WIB | LAPORAN: SUHARDI

Jika Tak Ada Gugatan, KPU Sumsel Segera Tetapkan Cagub Terpilih

Ketua KPU Sumsel, Aspahani/RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel memberikan kesempatan kepada  tim pasangan calon gubernur (Cagub) - wakil gubernur Sumsel yang merasa keberatan dengan hasil rekapitulasi suara untuk  mengajukan gugatan hasil pilkada Sumsel ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Jika dalam tempo tiga hari setelah rekapitulasi suara yang berlangsung Minggu (8/7)  tidak ada pihak yang mengajukan gugatan ke MK, KPU Sumsel akan menetapkan pasangan gubernur-wakil gubernur Sumsel terpilih periode 2018-2023.

Hasil rekap kemarin SK nya sudah kita berikan kepada masing-masing pasangan calon. Persoalan penetapan calon terpilih kita masih menunggu, terkait dengan apakah ada sengketa ke MK atau tidak,” ujar Ketua KPU Sumsel, Aspahani, Senin (9/7).

KPU Sumsel kata Aspahani, akan menggelar rapat kordinasi guna mengevaluasi jalannya pilkada serentak di Sumsel. Rapat koordinasi juga dilakukan guna mengantisipasi bilamana adanya persoalan yang belum selesai ditingkat kabupaten/kota. Jika tidak persoalan artinya proses pilkada sudah selesai.

Diakui Aspahani ada ada paslon yang belum menerima hasil pilkada Sumsel karena menilai ada persoalan di tingkat Kabupaten/Kota. Terkait itu, Pihaknya masih menantui rekomendasi daari Bawaslu Sumsel.

Asphani mengatakan proses rekapitulasi suara kemarin sudah beres. Jikapun ada koreksi karena hasilnya tidak sesuai bisa dilakukan koreksi pada saat rekapitulasi.

Tetapi kemarin hasilnya sudah sesuai, tetapi ada yang tidak menerima. Nah kalaupun ada sengketa lebih lanjut ranahnya ke MK,” pungkasnya.[sri]






Komentar Pembaca
Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

Pawai Obor Keliling Kota Sekayu

KAMIS, 14 JUNI 2018 , 23:33:00

Tolak Hasil Pilkada

Tolak Hasil Pilkada

KAMIS, 28 JUNI 2018 , 22:45:00

Berikan Pernyataan Perdana

Berikan Pernyataan Perdana

RABU, 27 JUNI 2018 , 23:22:00