Jaga Keandalan Listrik, Pampas Pohon Dekat Jaringan

Oleh:Edwinsyah

Sosial  MINGGU, 08 JULI 2018 , 19:36:00 WIB

Jaga Keandalan Listrik, Pampas Pohon Dekat Jaringan

RMOLSUMSEL

RMOLSumsel.Untuk menjaga keandalan aliran listrik, PT PLN (Persero) Rayon Muara Enim rutin melaksanakan giat pampas pohon di sekitar jaringan. Seperti yang dilakukan petugas PLN di kawasan Jalan Lingkar Islamic Center, Desa Kepur, Muara Enim, Sabtu (7/7).

Dari pantauan, lebih dari lima petugas pampas pohon didampingi seorang pengawas lapangan, mengamati kondisi jaringan di wilayah tersebut. Terhadap pohon yang sudah mendekati jaringan, yakni minimal 5 meter, dilakukan pemampasan menggunakan peralatan yang mereka bawa, seperti egrek dan parang.

Manajer PT PLN (Persero) Rayon Muara Enim, Randy Kusriansyah menjelaskan, jaringan PLN Rayon Muara Enim sepanjang 463 kilometer sirkuit (kms). Di mana, 70 persen jaringan tersebut melalui tanam tumbuh.

"Ada banyak tanam tumbuh yang cepat untuk berkembang, seperti bambu, pelepah sawit dan pohon pisang,” jelas Randhy.

Terkait hal ini, pihaknya rutin melakukan pemeliharaan guna meminimalisir padamnya listrik disebabkan gangguan tanam tumbuh. Untuk pemeliharaan ini (Pampas Pohon, red) diturunkan 26 personel didampingi para pengawas lapangan masing-masing.

"Mereka menyebar di seluruh wilayah kerja PLN Rayon Muara Enim, mulai dari Kecamatan Muara Enim, Tanjung Enim, Tanjung Agung hingga tiga kecamatan di Semende,” bebernya.

Giat tersebut, lanjut mantan Manajer PLN Rayon Muara Beliti itu, sebagai upaya pihaknya mengantisipasi terjadinya gangguan distribusi listrik pada jaringan. Ini juga bagian dari pelayanan excellent (prima),” kata dia.

Randhy pun mengimbau, supaya warga tidak menanam tanaman di dekat jaringan listrik. Serta merelakan tanam tumbuhnya yang berada dekat dengan jaringan untuk dipampas atau ditebang.

Karena kami sebelumnya masih menemukan beberapa warga yang tidak memperbolehkan tanam tumbuhnya dipampas. Alhasil wilayah tersebut sering padam listrik. Namun, Alhamdulillah, sekarang semuanya sudah teratasi karena tanam tumbuhnya sudah boleh dipampas bahkan ditebang,” tukasnya.

Sementara itu, Aziz, seorang warga mengaku senang dengan kegiatan pemangkasan pohon yang dilakukan petugas PLN.

"Karena untuk memotong pohon itu sendiri kita tidak punya alatnya,” ucap warga Desa Kepur tersebut.[sri]










Komentar Pembaca
Perang Tagar Hanya Mainkan Emosi Rakyat

Perang Tagar Hanya Mainkan Emosi Rakyat

SELASA, 18 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00

Demokrat Akui Main Dua Kaki

Demokrat Akui Main Dua Kaki

SELASA, 18 SEPTEMBER 2018 , 11:00:00

720 Pengacara Siap Bela Rizal Ramli

720 Pengacara Siap Bela Rizal Ramli

SENIN, 17 SEPTEMBER 2018 , 19:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Bantuan Kemanusiaan Pusri Untuk Lombok NTB

Bantuan Kemanusiaan Pusri Untuk Lombok NTB

KAMIS, 13 SEPTEMBER 2018 , 11:56:00