Butuh Bantuan Darurat..Telepon Saja 112

On The Spot  RABU, 04 JULI 2018 , 20:58:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Butuh Bantuan Darurat..Telepon Saja 112
RMOLSumsel. Call Center 112 sempat dibahas beberapa kali oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang. Mulai hari ini, Rabu (4/7), Call Center 112 sudah bisa digunakan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Palembang Yanurpan Yani  melaunching secara resmi Call Center 112.  Nomor telepon 112  ini memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses bantuan apapun yang bersifat darurat.

"Ini merupakan layanan yang berorientasi pada masalah gawat darurat, yang diharapkan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses bantuan seperti medis, kebakaran, keamanan, kecelakaan, bencana, dan kasus kegawatdaruratan lainnya," jelasnya kepada RMOL Sumsel.

Sebagai kota metropolitan, Palembang sudah seharusnya ada layanan ini. Apalagi dalam waktu dekat, akan ada pelaksanaan even Asian Games yang akan Agustus mendatang.

"Ini sudah diverifikasi oleh Kementerian Kominfo. Saat ini kami sedang mempersiapkan operator yang akan mengelola layanan ini," ungkapnya.

Yanuarpan menerangkan, akan ada 4 orang tim teknis, supervisor 3 orang dan operator 12 orang. Dimana, sudah dilakukan pelatihan sebelumnya.

"Ini sudah kita matangkkan, termasuk mempersiapkan operator yang bisa berbahasa inggris dan sebagainya. Dan layanan ini kita sediakan gratis," jelasnya.

Sebelumnya sudah ada 10 kota yang menjadi pilot project layanan siaga 112 ini dan enam kota yang mandiri.

"Mudah-mudahan dengan adanya layanan siaga 112 ada kejadian gawat darurat baik kesehatan,  kecelakaan dan sebagainya bisa diatasi dengan sigap dan cepat," tegasnya.

Sebelumnya Dirjen PPI (Penyelenggaraan Pos dan Informatika), Ahmad M Ramli menjelaskan, layanan ini merupakan panggilan darurat 112 yang akan diterapkan di Palembang. Hal ini dirasa penting untuk meningkatkan kewaspadaan terkait lingkungan sekitar.

"Layanan ini sudah diterapkan di Indonesia dan terkonekting untuk seluruh layanan seperti kesehatan, dinas kebakaran dan lain sebagainya.  Palembang saya kira sudah seharusnnya menerapkan layanan ini,  karen selain memberikan kemudahan layanan ini cepat dan praktis," tandasnya. [ida]

Komentar Pembaca
#KataRakyat: Ulama Berpolitik, Emangnya Ngaruh?

#KataRakyat: Ulama Berpolitik, Emangnya Ngaruh?

RABU, 19 SEPTEMBER 2018 , 20:00:00

Airlangga Berpeluang Digarap KPK

Airlangga Berpeluang Digarap KPK

RABU, 19 SEPTEMBER 2018 , 15:00:00

Tak Ada Bukti Istana Terlibat Asia Sentinel

Tak Ada Bukti Istana Terlibat Asia Sentinel

RABU, 19 SEPTEMBER 2018 , 13:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Bantuan Kemanusiaan Pusri Untuk Lombok NTB

Bantuan Kemanusiaan Pusri Untuk Lombok NTB

KAMIS, 13 SEPTEMBER 2018 , 11:56:00