Permintaan Pempek Tinggi, Pemkot Terus Kembangkan Budidaya Gabus dan Belido

PEMKOT PALEMBANG  JUM'AT, 29 JUNI 2018 , 12:54:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Permintaan Pempek Tinggi, Pemkot Terus Kembangkan Budidaya Gabus dan Belido
RMOLSumsel. Tingginya angka konsumsi ikan air tawar membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang terus melakukan pengembangan budidaya ikan air tawar, khususnya jenis Belido dan Gabus.

Hal itu dikarenakan terus meningkatnya permintaan beberapa panganan khas Palembang seperti pempek dan kerupuk yang berbahan dasar dari enis ikan Belido dan Gabus.

Kepala Kepala Dinas Perikanan Kota Palembang, Aprizal mengatakan, Pemerintah harus melakukan pengembangan terhadap dua spesies ikan Gabus dan Belido.

Karena ini makanan yang berasal dari olahan ikan seperti pempek dan kerupuk, terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

"Bayangkan saja, saat ini pengiriman pempek keluar dari Palembang mencapai empat ton perhari. Jika kita hanya mengandalkan tangkapan dari nelayan, maka untuk memenuhi kebutuhan ikan tersebut akan sulit," ulasnya.

Afrizal menerangkan, wacana pengembangan budidaya ini merupakan upaya untuk mengatasi kekurangan  produksi ikan belido dan ikan gabus.

"Kami akan bekerjasama dengan Balai Perikanan pusat untuk menciptakan bibit ikan gabus dan belido di 2019 mendatang. Di Palembang sendiri sudah memiliki 700 an kelompok petani budidaya," ungkapnya.

Sejauh ini kebanyakan petani budidaya ikan, banuak melakukan budidaya ikan lele dan nila, pada tahun 2019 mendatang, selain berencana untuk melakukan pengembangan budidaya ikan Belido.

"Sejauh ini pihak Kementrian cukup membantu perikanan di Palembang.  Bahkan kami dalam waktu dekat akan mendapatkan bantuan kapal nelayan sebanyak 3 unit dari Pemerintah pusat, yang diperuntukkan untuk kelompok nelayan," terangnya.[rik]

Komentar Pembaca
'Lautan' Manusia di Pinggir Sungai Musi Saat Kampanye Prabowo
Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

RABU, 24 APRIL 2019 , 12:32:00

Mentan Memanggang Kopi

Mentan Memanggang Kopi

SELASA, 23 APRIL 2019 , 16:21:00