Tekan Angka Kemiskinan Harnojoyo - Fitri Terus Sukseskan Masyarakat Melalui UMKM

PEMKOT PALEMBANG  RABU, 27 JUNI 2018 , 08:35:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Tekan Angka Kemiskinan Harnojoyo - Fitri Terus Sukseskan Masyarakat Melalui UMKM
RMOLSumsel. Pengembangan usaha kecil di Kota Palembang menjadi salah satu cara Walikota Palembang Harnojoyo dalam menurunkan angka kemiskinan di Kota Palembang. Dan, hal itupun berhasil dilakukan dengan penurunan angka kemiskinan Kota Palembang dari sekitar12% turun menjadi 11,6%.

Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang hari ini, Selasa (26/6/18) kembali memberikan bantuan kepada pengusaha usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di kota Palembang. Tak tanggung-tanggung, 1000 pengusaha UMKM diberikan bantuan tanpa agunan tanpa bunga dari Pemkot Palembang.‎

"Hari ini 1000 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) diberikan bantuan tanpa agunan tanpa bunga. Dan ini kucuran kedua yang kami berikan agar usaha kecil di Palembang terus berkembang," ungkapnya.

Pejuang subuh ini menerangkan, tahun 2018 ini pihaknya menargetkan akan memberi bantuan kepada 4000 pengusaha UMKM di Palembang.

"Hari ini baru terealisasi 1000 UMKM, dan sisanya masih dalam proses pemberkasan. Kita menargetkan, angka kemiskinan di Palembang dapat turun dibawah 10% pada tahun ini," ungkapnya.

Dengan adanya bantuan ini, Harnojoyo berharap para pengusaha dapat menggunakan modal usaha ini dengan sebaik-baiknya, dan memang digunakan untuk keperluan usaha, bukan malah digunakan untuk keperluan lainnya.

"Mudah-mudahan bisa membantu. Nanti pengusaha UMKM sudah mampu jalan sendiri usaha, gantian dengan pengusaha yang lainnya," terangnya.

Tak berhenti sampai disini. Harnojoyo mengaku, Pemkot Palembang akan terus berupaya meningkatkan jumlah UMKM yang mendapatkan bantuan modal usaha ini.

"Jumlah pinjamannya Rp 3 juta. Kriterianya yang mengatur itu bank dan dikelola oleh Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Palembang, yang menjadi salah satu BUMD (Badan Usaha Milik Daerah)," tandasnya.

Sementara Direktur Utama PT Bank Perkreditan Rakyat Palembang (Bank Palembang), Armansyah mengatakan,‎ pada tahun 2018 ini, Bank Palembang menargetkan memberi pinjaman kepada 4000 UMKM di kota Palembang.

"Sejauh ini, pembayarannya para nasabah ini lancar. Untuk itulah kita tambah target kita. Memang pinjamannya kecil ya hanya Rp 3 juta," katanya.

Untuk pinjaman kali ini, Bank Palembang telah melakukan survey sejak tahun lalu. Hasilnya, ada 1721 UMKM yang memasukkan berkas. Namun hasilnya, hanya 1000 yang diproses, sementara 700 lainya gagal karena masalah persyaratan, diantaranya, usaha yang tidak ada, calon yang lansia, kredit dibank lain yang tidak lancar, serta alasan lainnya.

"Syar‎atnya, pendaftar mengajukan ke Dinas Koperasi. Lalu, kita survey tempat usahanya, berapa penghasilan setiap bulan, kita akan tahu apakah calon nasabah bisa mengembalikan pinjaman nantinya," tandasnya. [yip]

Komentar Pembaca
Wartawan Diselamatkan TNI

Wartawan Diselamatkan TNI

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 12:00:00

Prabowo Tenangkan Pendukung: Kekerasan Jangan Dibalas Kekerasan
Sampai Hari Raya

Sampai Hari Raya

KAMIS, 23 MEI 2019 , 10:00:00

'Lautan' Manusia di Pinggir Sungai Musi Saat Kampanye Prabowo
Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

RABU, 24 APRIL 2019 , 12:32:00

Mentan Memanggang Kopi

Mentan Memanggang Kopi

SELASA, 23 APRIL 2019 , 16:21:00