Harnojoyo: Kembangkan RSUD Gandus Jadi RS Bertaraf Internasional

PEMKOT PALEMBANG  SENIN, 25 JUNI 2018 , 17:07:00 WIB | LAPORAN: RADEN MOHD. SOLEHIN

Harnojoyo: Kembangkan RSUD Gandus Jadi RS Bertaraf Internasional

Foto/RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mendirikan Rumah Sakit Umum Pratama di kawasan Gandus akhirnya terealisasi. Melalui komitmen Walikota dam Wakil Walikota Palembang, hari ini, Senin (25/6/18) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gandus diresmikan.

Kepada RMOL Sumsel, Walikota Palembang Harnojoyo menyampaikan, soft opening RSUD Gandus ini adalah tahap awal yang dilaksanakan Pemkot Palembang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang.

"Alhamdulillah melalui RSUD Gandus ini, pelayanan kesehatan di kawasan ini dapat dilayani dengan baik," jelasnya.

Harnojoyo mengatakan, meski Palembang menambah RSUD, bukan berarti masyarakat bedoa untuk sakit. Karena RS yang diresmikan merupakan bentuk peningkatan pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

"Pelayanan kesehatan kita akan terus kita tingkatkan guna memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Jika perlu kedepan pelayanan ini akan tingkatkan menjadi RS bertaraf internasional," ulasnya.

Selaian meresmikan RSUD Gandus Palembang, Harnojoyo juga meresmikan enam puskesmas yang ada, yakni, Puskesmas Gandus, Puskesmas Pembina, Puskesmas 23 Ilir, Puskesmas Keramasan, Puskesmas Sei Selincaj dan Puskesmmas 5 Ulu.

"Semoga dengan bertambah banyaknya Puskesmas yang ada tersebar di setiap kelurahan, akan mempermudah masyarakat dalam pelayanan kesehatan," ungkapnya.

Sementara itu, kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang Letizia mengatakan, pembangunan RSUD Gandus murni dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Palembang.

Bangunan gedung yang memiliki dua lantai ini, dibangun menempati eks Puskesmas Gandus.

Pembangunan RSUD Gandus Palembang sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) tahun 2017 guna meningkatkan derajat masyarakat dan peningkatan sarana pelayanan yang berkualitas dalam bidang kesehatan,” tegasnya.

Dana pembangunan sebesar Rp 14 miliar untuk fisik bangunan dan 12 miliar untuk sarana alat medisnnya ini, akan menjadi rujukan RSUD dari puskesmas yang ada.

"Sementara waktu tenaga medisnya  kita masih mengoptimalkan dari tenaga kesehatan dari puskesmas yang ada, yang mana ada 10 dokter spesialis dan lima dokter umum yang akan diperbantukan di RSUD Gandus Palembang," ujarnya.

Seperti RS pada umumnya, RSUD juga akan memiliki Poli Umum, gigi dan anak dan dilengkapi ambulance sendiri.

"Kita akan terus berbenah, alhamdulliah setelah berdirinya RSUD Gandus ini, bantuan dari pusat, Kementerian Kesehatan akan kita dapatkan untuk menambah peningkatan sarana dan prasarana yang ada," tandasnya.[rik]
 

Komentar Pembaca
BENANG MERAH (EPS.156): Menanti Hasil Perburuan SBY

BENANG MERAH (EPS.156): Menanti Hasil Perburuan SBY

SABTU, 22 SEPTEMBER 2018 , 11:00:00

Ketum PP Muhammadiyah Siap Menangkan Prabowo-Sandi

Ketum PP Muhammadiyah Siap Menangkan Prabowo-Sandi

JUM'AT, 21 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00

Kedok #2019GantiPresiden Terbongkar

Kedok #2019GantiPresiden Terbongkar

JUM'AT, 21 SEPTEMBER 2018 , 15:00:00

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

Surat Pengunduran Alex dan Ishak

RABU, 05 SEPTEMBER 2018 , 16:36:00

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

Mahasiswa Sumsel Mulai Bergerak

KAMIS, 06 SEPTEMBER 2018 , 17:33:00

Bantuan Kemanusiaan Pusri Untuk Lombok NTB

Bantuan Kemanusiaan Pusri Untuk Lombok NTB

KAMIS, 13 SEPTEMBER 2018 , 11:56:00