Diancam Kapolda, Perusuh Pilkada Empat Lawang Ditahan

Kriminal  KAMIS, 14 JUNI 2018 , 19:43:00 WIB | LAPORAN: RAHMAD RAMLI

Diancam Kapolda, Perusuh Pilkada Empat Lawang Ditahan

RMOLSumsel

RMOLSumsel. Kapolda Sumsel, Irjend Pol Zulkarnain Adinegaran menegaskan kepada pelaku penembakan pada kerusuhan tim sukses di Pilkada Kabupaten Empat Lawang untuk menyerahkan diri.

"Terhadap pelaku penembakan, saya perintahkan kepada Kasat Reskrim untuk menjemput dan menangkap pelaku tersebut. Saya beri waktu satu hari satu malam agar segera menyerahkan diri kepada polres Empat Lawang. Kalau tidak, kami akan melakukan tindakan tegas,” ujar Kapolda.

Zulkarnain berharap massa pendukung dari dua paslon saling menahan diri dan tidak menciptakan suasana panas di Empatlawang. Sehingga masyarakat bisa merasa aman ketika pencoblosan.

Kami mengucapkan bela sungkawa terhadap korban meninggal dari kejadian tersebut,” jelas Zulkarnain saat meninjau lokasi kerusuhan di Kabupaten Empat Lawang.

Seperti diketahui anggota Tim sukses (timses) pasangan calon nomor urut 2, Joncik-Yulius, tewas ditembak oknum timses paslon nomor urut 1, David-Eduar. Kejadiannya di Desa Padang Tepong, Kecamatan Ulu Musi, Selasa (12/6) sekitar pukul 15.30 WIB.

Saat itu tim sukses Paslon David-Eduar akan melakukan kampanye namun dihadang massa dari Paslon Joncik hingga menimbulkan bentrokan antara kedua pendukung.

Dari kerusuhan itu Beben (40), timses warga Kecamatan Muara Pinang itu, tewas dengan luka tembak di pipi kiri. Selain Beben, ada tiga korban luka lainnya yang dibawa ke RSUD Kepahiang, Bengkulu.

Kerusuhan antartim sukses ini sudah yang kedua kalinya. Pertama deklarasi kampanye damai yang digelar KPU Empat Lawang di lapangan Pulo Emass, Minggu (18/2) sekitar pukul 15.00 WIB berujung kericuhan antara timses paslon nomor urut 1 dengan nomor urut 2.

Kejadian kedua, kericuhan lebih parah terjadi di Jalan Lintas Bengkulu - Empat Lawang, Desa Padang Tepong, Kecamatan Ulu Musi, Selasa (12/6) sore. Lagi-lagi, yang terlibat kericuhan timses paslon 1 dengan paslon 2.

Pasca kericuhan antartimses, Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, Pangdam II/Sriwijaya dan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin turun ke TKP. Rombongan menggunakan helikopter dari Palembang langsung ke Kecamatan Ulu Musi. Mereka mendatangi TKP didampingi Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah, Kapolres Empat Lawang, AKBP Agus Setyawan.

Dari kunjungan ini satu tersangka penembakan berhasil ditahan atas nama Evan yang membawa senjata api rakitan (senpira) laras panjang. Hal ini dipastikan Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara.

"Kami bersama Gubernur dan Panglima datang ke sini untuk menegaskan stop pertikaian antarpendukung paslon. Kami ingin mewujudkan pilkada damai. Alhamdulilah satu pelaku penembakan sudah ditangkap (dari 4 pelaku, red)," kata Kapolda.

Sementara para pelaku lainnya masih dalam pengejaran petugas. [rhd]

Komentar Pembaca
Adhie Massardi - Unegh Unegh (Bag.1)

Adhie Massardi - Unegh Unegh (Bag.1)

SELASA, 19 JUNI 2018 , 11:00:00

Indonesia Bukan Antek Beijing dan AS!

Indonesia Bukan Antek Beijing dan AS!

SENIN, 18 JUNI 2018 , 09:00:00

Said Aqil: Staquf Ke Israel Bukan Agenda NU!

Said Aqil: Staquf Ke Israel Bukan Agenda NU!

KAMIS, 14 JUNI 2018 , 12:00:00

Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Pagaralam Direndam Banjir

Pagaralam Direndam Banjir

MINGGU, 22 APRIL 2018 , 21:47:00

Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00