Pilkada Banyuasin

Timses Bentrok Tidak Kena Sanksi Panwas, Tapi Pidana Umum

Laporan: Bubun Kurniadi

Politik  RABU, 13 JUNI 2018 , 23:31:00 WIB

Timses Bentrok Tidak Kena Sanksi Panwas, Tapi Pidana Umum

Foto/RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Banyuasin menegaskan jika ada tim sukses yang bentrok tidak ada sanksi dari pihaknya. Namun yang menegakkan hukumnya akan di lakukan pihak kepolisian.

Hal itu di utarakan Iswadi Spd Ketua Panwaslu Kabupaten Banyuasin dirinya menjelaskan, jika aturan sanksi bagi tim sukses pasangan calon bupati yang bentrok, itu tidak ada aturannya dalam pelanggaran pilkada. Melainkan pelanggaran yang dilakukan mereka adalah pelanggaran dalam bentuk pribadi.

"Tidak ada sanksi kalau bentrok, itukan diluar kontek pelanggaran pilkada, sifatnya pribadi. Tidak diatur dalam undang-undang pilkada, tetapi mereka akan ditindak aparat kepolisian dan dapat dikenakan pidana umum," katanya kepada Kantor Berita RMOL Sumsel, Rabu (13/6).

Sejauh ini Iswadi juga mengungkapkan, di Kabupaten Banyuasin tidak ada bentrok antar Tim sukses Pasangan Calon Bupati dan pihaknya juga masih fokus pada tahapan kampanye yaitu fokus pengawasan di tempat-tempat ibadah, pembagian zakat atau THR, jika ada muatan poilitisnya akan ditindak.

Kemudian fokus ke ASN, Honorer, THL yang dianggap tidak netral, serta pengawasan kebijakan atau program pemerintah yang menguntungkan salah satu paslon.

"Kemarin sosialisasi berkaitan dengan peran pemuda, tokoh masyarakat, mahasiswa dan ormas, Serta media dan OKP dalam pengawasan pilkada yang kami sebut pengawasan partisipatif," jelasnya.

Oleh karna itu, Panwaslu Banyuasin mengajak semua masyarakat terkhusus semua paslon agar bisa menahan diri, siapapun yang menjadi bupati dia adalah pemimpin Banyuasin yang dipilih rakyat bukan golongan.

"Banyuasin ada pada kita semua, kalau pilkada di Banyuasin kacau maka secara nasional kita akan malu, dan akan diingat publik sampai anak keturunan kita," pungkasnya.[rik]

Komentar Pembaca
Adhie Massardi - Unegh Unegh (Bag.1)

Adhie Massardi - Unegh Unegh (Bag.1)

SELASA, 19 JUNI 2018 , 11:00:00

Indonesia Bukan Antek Beijing dan AS!

Indonesia Bukan Antek Beijing dan AS!

SENIN, 18 JUNI 2018 , 09:00:00

Said Aqil: Staquf Ke Israel Bukan Agenda NU!

Said Aqil: Staquf Ke Israel Bukan Agenda NU!

KAMIS, 14 JUNI 2018 , 12:00:00

Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Pagaralam Direndam Banjir

Pagaralam Direndam Banjir

MINGGU, 22 APRIL 2018 , 21:47:00

Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00