Menguji Kekuatan Raja Eropa di Piala Dunia 2018

Olahraga  RABU, 13 JUNI 2018 , 17:40:00 WIB | LAPORAN: YOSEP INDRA PRAJA

Menguji Kekuatan Raja Eropa di Piala Dunia 2018

Cristiano Ronaldo/net

RMOLSumsel. Kiprah Timnas Portugal di Piala Dunia 2018 menarik untuk diperhatikan, bukan karena skuad berjuluk A Seleção das Quinas  itu dihuni mega bintang Cristiano Ronaldo namun juga anak asuhan pelatih Fernando Santos itu tampil dengan status Juara Eropa.

Gelar "Raja Eropa" memang tidak berlebihan jika melihat perjuangan Portugal di Euro 2016 lalu meski berstatus tim nonunggulan, Portugal justru dengan gagah mampu melangkah hingga final dan menjadi raja Eropa. Lebih hebat lagi kala itu Portugal secara dramatis berhasil menumbangkan Perancis yang berstatus sebagai tuan rumah.

Meski Portugal adalah juara bertahan di Eropa dan memiliki Pemain Terbaik FIFA, Cristiano Ronaldo namun sang pelatih Fernando Santos merasa skuadnya tidak masuk lima tim favorit yang akan memenangkan Piala Dunia 2018.

Bagi saya, favorit juara [Piala Dunia 2018] adalah Brasil, Jerman, Spanyol, Argentina, dan Perancis,” kata pelatih berusia 63 tahun itu kepada blog Ora Bolas.

"Saya mengatakan ini karena kekuatan luar biasa yang mereka miliki dan kualitas luar biasa dari tim mereka, di samping pengalaman di kompetisi besar dan juga kesuksesan mereka," tambahnya

Portugal bergabung di Grup B bersama juara dunia 2010 Spanyol, Maroko, dan Iran. Jelas punya kans besar untuk mamju ke fase gugur. Dicermati dari kualitas pemain dan pengalaman, kompetitor paling tangguh di grup itu adalah Spanyol, lawan kuat yang akan dihadapi Portugal pada laga pernada fase Grup B 16 Juni mendatang.

Maka jika tak ada kejutan fenomenal, Portugal kemungkinan besar akan lolos ke fase gugur minimal dari jalur peringkat dua terbaik. Yang menarik untuk ditunggu adalah bagaimana Fernando Santos akan meracik skuad dari kolaborasi antara pemain-pemain senior dan pemain muda.

Kekuatan Portugal memang terletak pada para pemain senior mereka yang sudah matang dan kaya pengalaman seperti Ronaldo, Nani, Pepe, Jose Fonte, Ricardo Quaresma, atau Moutinho.

"Kami adalah kelompok yang sangat kuat dan kompak. Kami rendah hati, tetapi kami tahu kami memiliki kualitas. Kami tidak memiliki niat untuk berpikir bahwa kami lebih baik daripada orang lain. Tetapi kami sangat meyakini kualitas kami dan tahu bahwa kami akan sulit dikalahkan," pungkasnya. [yip]

Komentar Pembaca
Adhie Massardi - Unegh Unegh (Bag.1)

Adhie Massardi - Unegh Unegh (Bag.1)

SELASA, 19 JUNI 2018 , 11:00:00

Indonesia Bukan Antek Beijing dan AS!

Indonesia Bukan Antek Beijing dan AS!

SENIN, 18 JUNI 2018 , 09:00:00

Said Aqil: Staquf Ke Israel Bukan Agenda NU!

Said Aqil: Staquf Ke Israel Bukan Agenda NU!

KAMIS, 14 JUNI 2018 , 12:00:00

Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Pagaralam Direndam Banjir

Pagaralam Direndam Banjir

MINGGU, 22 APRIL 2018 , 21:47:00

Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00