Yang Ber-KTT Kim-Trump, Moon Ikutan Tak Tidur

Politik  RABU, 13 JUNI 2018 , 09:16:00 WIB | LAPORAN: ROSYIDAH ROZALI

Yang Ber-KTT Kim-Trump, Moon Ikutan Tak Tidur

Trump-Kim/net

RMOLSumsel. Banyak kisah menarik di balik suksesnya konferensi tingkat tinggi (KTT) Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan PemimpYang Ber-KTT Kim-Trump, Moon Ikutan Tak Tidurin Korea Utara Kim Jong Un, di Capella Hotel, Sentosa ISland, Singapura kemarin.

Trump dalam wawancaranya dengan Kantor Berita AS Voice of Ameriva (VoA) mengaku, ia tidak tidur selam 25 jam hingga pembicaraan usai kemarin. Setelah bertemu Kim, Trump mengaku gembira. Ia juga memuji Kim sebagai pemimpin dengan kepribadian luar biasa.

Sementara itu, para pemimpin dunia di negara masing-masing mengamati jalannya KTT Kim-Trump dengan seksama. Mereka pun langsung meluapkan kegembiraan begitu pembicaraan kedua pemimpin usai.

Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, yang upaya diplomatiknya membuka jalan dengan rezim yang terisolasi itu membuka jalan bagi pertemuan puncak Trump-Kim di Singapura, menyatakan harapan akan terjadinya denuklirisasi menyeluruh dan perdamaian” di semenanjung Korea, sementara mengakui dia hampir tidak tidur malam sebelumnya.

Di Beijing, Menteri Luar Negeri Wang Yi mengatakan kepada para wartawan bahwa China berharap perundingan AS-Korea Utara akhirnya bisa mengarah pada perjanjian damai yang secara resmi mengakhiri Perang Korea.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan kepada para wartawan dalam konferensi pers bersama dengan pemimpin Malaysia Mahathir Mohomad yang sedang berkunjung ke Jepang bahwa Korea Utara akan memiliki masa depan yang cerah jika menapak jalan yang benar.”

Dalam sebuah pernyataan tertulis yang dikeluarkan beberapa jam kemudian, Perdana Menteri Abe mengatakan janji Pyongyang untuk merealisasikan denuklirisasi menyeluruh adalah langkah pertama dalam resolusi yang komprehensif” yang positif.


Di Rusia, Wakil Menteri Luar Negeri Sergei Ryabkov mengatakan Moskow siap membantu dalam menerapkan kesepakatan itu, menurut laporan dari kantor berita TASS. [ida/VOA]

Komentar Pembaca
Adhie Massardi - Unegh Unegh (Bag.1)

Adhie Massardi - Unegh Unegh (Bag.1)

SELASA, 19 JUNI 2018 , 11:00:00

Indonesia Bukan Antek Beijing dan AS!

Indonesia Bukan Antek Beijing dan AS!

SENIN, 18 JUNI 2018 , 09:00:00

Said Aqil: Staquf Ke Israel Bukan Agenda NU!

Said Aqil: Staquf Ke Israel Bukan Agenda NU!

KAMIS, 14 JUNI 2018 , 12:00:00

Guru Honorer Terima SK

Guru Honorer Terima SK

KAMIS, 26 APRIL 2018 , 18:53:00

Rara Sosialisasi Asian Games

Rara Sosialisasi Asian Games

SELASA, 22 MEI 2018 , 07:45:00

Pantau Jembatan Endikat

Pantau Jembatan Endikat

SABTU, 19 MEI 2018 , 13:33:00