292 Napi Dapat Remisi, Tapi tak Ada yang Langsung Bebas

Kriminal  SELASA, 12 JUNI 2018 , 11:33:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD WIWIN

292 Napi Dapat Remisi, Tapi tak Ada yang Langsung Bebas

Kepala Rutan Baturaja Herdianto/RMOLSUMSEL

RMOLSumsel. Akhirnya, menyambut hari raya Idul Fitri 1439 H ini, sebanyak 292 narapidana Rumah Tahanan Negara (Rutan) Baturaja Ogan Komering Ulu (OKU) mendapatkan remisi. Jumlah tersebut sesuai dengan yang diusulkan ke Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatra Selatan.

Kepala Rutan Baturaja Herdianto mengatakan, proses pengajuan remisi sudah dilakukan melalui sistem daring atau online sejak tahun lalu.

Menurutnya,  pihak Rutan Baturaja mengajukan nama-nama narapidana tersebut menggunakan Sistem Database Pemasyarakatan (SDP).

Jadi warga binaan yang bisa diajukan untuk mendapatkan remisi harus sudah memenuhi persyaratan, seperti berkelakuan baik dan tidak pernah melakukan pelanggaran disiplin serta sudah menjalani masa hukuman minimal selama enam bulan.

Pengajuan remisi itu kita usulkan sejak H-14. Sementara itu, narapidana yang sudah mencukupi untuk diusulkan pemberian remisi Idul Fitri tahun ini hanya sebanyak 292 orang yang memenuhi persyaratan,” kata Herdianto.

Herdianto memaparkan perolehan remisi bagi narapidana yang sudah memenuhi syarat mulai dari 15 hari hingga 1 bulan 15 hari.

Adapun warga binaan yang mendapat remisi 15 hari sebanyak 100 orang, 1 bulan sebanyak 180 orang dan 1 bulan 15 hari sebanyak 12 orang.

"Untuk remisi khusus (RK) II atau yang langsung bebas pada Idul Fitri tahun ini nihil atau tidak ada,” tegasnya. [sri]





Komentar Pembaca
'Lautan' Manusia di Pinggir Sungai Musi Saat Kampanye Prabowo
Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

Ramai-ramai Tolak Pemilu Curang

RABU, 24 APRIL 2019 , 12:32:00

Mentan Memanggang Kopi

Mentan Memanggang Kopi

SELASA, 23 APRIL 2019 , 16:21:00