Mabuk Perjalanan? Nggaklah...Kan Ini Tipsnya

Lifestyle  SENIN, 11 JUNI 2018 , 05:58:00 WIB

Mabuk Perjalanan? Nggaklah...Kan Ini Tipsnya
RMOLSumsel. Mudik Lebaran merupakan salah satu momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh banyak orang Indonesia. Capek dan penat di perjalanan tidak berarti sama sekali dibanding kebahagiaan berkumpul bersama orang-orang tercinta di hari yang fitri.

Akan tetapi keindahan perjalanan tak dapat dinikmati oleh orang-orang yang sering mengalami mabuk perjalanan. Apakah mabuk perjalanan itu?

Mabuk perjalanan bisa terjadi secara perlahan-lahan dan tidak selalu terjadi tiba-tiba. Mabuk perjalanan disebabkan oleh gangguan pada sistem keseimbangan, visual, dan sensorik tubuh Anda. Ketiga sistem tersebut mengalami ketidaksinambungan, sehingga terjadilah mabuk perjalanan,” dr. Sara Elise Wijono, MRes seperti dikutip dari laman KlikDokter, Senin (11/6),

Jika mabuk perjalanan berlangsung terus-menerus tanpa henti, tentu saja ini dapat merusak suasana hati dan perjalanan mudik yang seharusnya menyenangkan.

"Untuk mencegah mabuk perjalanan saat mudik, ketahui dan lakukan rangkaian tips ini," tambah dr Sara:

1. Jadilah Pengemudi.
Jika kondisi memungkinkan, cara utama yang dapat membuat Anda terhindar dari mabuk perjalanan adalah dengan menjadi pengendara mobil yang digunakan. Duduk di bangku pengemudi akan membuat Anda memegang kontrol atas pergerakan mobil serta dapat memperkirakan arah perpindahannya.

2. Memilih tempat duduk di area depan.

Bila menjadi pengemudi tidak mungkin, sebaiknya Anda memilih tempat duduk di area depan sehingga Anda dapat mengobservasi jalanan dari kaca depan. Sistem visual Anda akan memperoleh informasi seputar adanya pergerakan lewat perubahan pemandangan, lalu menyesuaikannya dengan stimulus dari sistem vestibular.

Selain itu, dengan duduk di bangku depan, Anda juga akan mampu memperkirakan pergerakan kendaraan. Ini karena Anda turut memperhatikan rambu seperti tanda berhenti, tanda jalan, dan sebagainya.

3. Melihat pemandangan dari kaca jendela.

Sepanjang perjalanan mudik, lihatlah pemandangan dari kaca jendela dibandingkan dengan melihat area dalam mobil terus-menerus. Melihat sesuatu yang berdesakan dan penuh seperti kemacetan dapat mengundang rasa mual.

4. Tutuplah buku atau bacaan Anda sejenak.

Hindari membaca buku atau e-book selama perjalanan mudik jika Anda mendapati mengalami gejala mabuk perjalanan.

5. Isi perut terlebih dahulu.

Sangat penting untuk makan sebelum memulai perjalanan mudik. Jenis makanan yang disarankan adalah makanan yang rendah lemak. Di samping itu, Anda juga disarankan untuk menyiapkan dan membawa camilan selama perjalanan, karena cara ini juga dapat membantu mengurangi terjadinya mabuk perjalanan.

Selain itu, bagi beberapa orang makanan yang terlalu pedas, terlalu berminyak, memiliki aroma menyengat, dan minuman bersoda dapat memperparah mabuk perjalanan. Jika Anda salah satunya, hindari, jenis makanan dan minuman tersebut, ya!

6. Hindari rokok dan alkohol.

Selama perjalanan mudik, hindari merokok dan minum minuman beralkohol. Selain bias mengakibatkan mabuk perjalanan, rokok dan alkohol bisa merusak kesehatan Anda. Yang membahayakan, jika Anda perokok, Anda menempatkan keluarga Anda sebagai perokok pasif, yang menuai dampak buruk atas kebiasaan Anda itu. Dan kebiasaan minum alkohol berisiko tinggi mengalami kecelakaan lalu lintas.

7. Konsumsi obat.

Anda dapat mengonsumsi obat anti mabuk perjalanan yang dijual bebas di apotek, yang diminum 30-60 menit sebelum memulai perjalanan mudik. Perhatikan juga efek samping dari penggunaan obat.

Sebagai alternatif, Anda juga dapat mengandalkan permen atau minuman jahe untuk mengurangi mabuk perjalanan�"meski penelitian mengenai keampuhannya masih dibutuhkan. [ida]

Komentar Pembaca
Harga Sawit Turun, Ini Beda Solusi SBY dan Jokowi

Harga Sawit Turun, Ini Beda Solusi SBY dan Jokowi

SENIN, 17 DESEMBER 2018 , 17:00:00

Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 21:00:00

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 13:00:00

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

Silaturahmi Ke Rumah Haji Halim

SELASA, 06 NOVEMBER 2018 , 17:33:00

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

Rekor Meriam Bambu Terbanyak

MINGGU, 28 OKTOBER 2018 , 16:56:00

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

Banjir Bikin Macet Jalan Protokol

SELASA, 13 NOVEMBER 2018 , 10:42:00